Suguhan Pemandangan Indah Laut Pantai Teluk Makmur Dumai Riau dari Balik Pondok

0
1276

Wisata alam di Indonesia sudah tidak terhitung banyaknya karena negara kita yang memiliki luas daratan serta lautannya yang luas disertai dengan panorama dan keindahan tersendiri dari setiap tempatnya membuat begitu banyak pilihan tempat indah yang bisa dikunjungi. Kekayaan, keunikan, dan keindahannya itu sudah begitu terkenal bahkan sampai mancanegara. Takjubnya panorama pegunungan maupun indahnya semilir suasana pantai membuat kita harus bangga menjadi bagian dari bangsa Indonesia ini. Pilihan wisata yang beragam membuat kita tak harus pergi jauh-jauh sampai ke luar negeri untuk berekreasi dan bersantai menikmati waktu luang yang ada. Semuanya telah tersedia di negeri kita Indonesia.

Satu tempat indah yang dapat dikunjungi saat liburan adalah Pantai Teluk Makmur yang berada di Kota Dumai, Provinsi Riau. Pantai ini hanya salah satu pantai berpanorama indah dari sekian banyak daerah wisata pantai di Indonesia. Pantai Teluk Makmur merupakan pantai yang mempunyai luas daratan pasir yang tidak terlalu luas. Garis pantai di Pantai Teluk Makmur dipenuhi oleh batuan besar yang memang batuan tersebut sengaja di susun untuk menahan gempuran ombak di sepanjang garis pantainya. Daratan Pantai Teluk Makmur akan menjadi lebih sempit pada saat sedang pasang dan ombaknya bisa sampai naik melampaui batuan besar yang disusun tersebut.

Daratan Pantai Teluk Makmur memang seiring berjalannya waktu terasa semakin sempit diakibatkan karena abrasi dan jika hal tersebut dibiarkan terus menerus mungkin dalam beberapa puluh tahun ke depan pantai indah ini akan menghilang. Maka dari itu batuan besar yang sengaja disusun di sepanjang garis pantai setidaknya bisa menahan gempuran ombak dan meminimalisir proses abrasi. Sangat sayang kalau Pantai Makmur ini hanya akan menjadi cerita.

Luas daratan pasirnya yang tidak terlalu luas terkadang memang membuat pengunjung kurang merasa puas. Namun luas daratan pasirnya dipandang masih mempunyai ruang yang cukup untuk sekedar bersantai-santai bersama keluarga di atas pasirnya. Terdapat juga sebuah aliran air kecil di Pantai Teluk Makmur ini dengan lebar yang tidak terlalu besar yang menuju ke perairan pantai. Aliran air yang menuju ke perairan Pantai Teluk Makmur ini terus mengalir walaupun saat musim kemarau datang. Aliran air ini bersifat payau karena merupakan pertemuan antara air sungai dengan perairan laut. Para pengunjung bisa menelusuri aliran air ini karena kedalaman dari aliran air ini tidak dalam hanya sedalam mata kaki orang dewasa sehingga tidak membahayakan.

Salah satu tempat yang menarik di Pantai Teluk Makmur ini adalah dengan terdapatnya sebuah pondok yang berada salah satu sudut pantai. Pondok unik ini berada di atas perairan pantai dan terbuat dari kayu. Pondok kayu ini ditopang oleh tiang penyangga sehinnga desainnya mirip dengan rumah panggung. Panorama saat berada di atas pondok ini begitu sangat memukau dan luar biasa keindahannya.pengunjung tidak perlu menggunakan perahu untuk bisa mencapai pondok ini karena sudah dibangun jembatan kayu yang menghubungkan tepi Pantai Teluk Makmur dengan pondok unik tersebut. Tak perlu takut untuk menyeberangi jembatan ini karena pinggiran jembatannya sudah dipasangi pagar sehingga pastinya akan aman.

Panorama dari pondok begitu jelas terlihat baik untuk melihat hamparan luas laut biru yang begitu dahsyat maupun melihat daerah pinggiran pantai atau sekitar teluk yang tidak kalah indahnya. Pemandangan indah tersebut pasti akan begitu menjadi pengalaman yang berbeda dan berkesan untuk para pengunjung. Pengunjung yang ingin mengunjungi Pantai Teluk Makmur ini dapat berangkat dari kota Dumai terus ke bagian utara. Pantai ini berada di antara dua perbatasan kelurahan yang berbeda, yaitu Kelurahan Tasik Bunga Tujuh dan Kelurahan Medang Kampai.