Petualangan Wisata di Pantai Kusamba : Mengintip Proses Pembuatan Garam Secara Tradisional

0
951

Bali pulau tropis di Indonesia ini memang sudah terkenal akan keindahan alamnya yang sungguh luar biasa mempesona. Keindahan tersebut terkenal sampai ke luar negeri sehingga tidak sedikit jumlah orang asing yang berlibur dan berwisata di Pulau Bali. Kebudayaannya yang masih begitu kuat dan unik membuat daya tarik yang selalu banyak menyedot perhatian orang-orang. Pesona alamnya, wisata bahari maupun wisata sejarahnya yang begitu melimpah membuat Bali tak surut-surutnya dikunjungi para wisatawan yang ingin menggoreskan kenangan indah di pulau eksotik ini.

Jika kita berkunjung dan melakukan wisata ke Pulau Bali, kita bisa mencoba mengunjungi satu objek wisata yang pasti akan menggoreskan petualangan yang mengesankan. Objek wisata tersebut adalah Pantai Kusamba yang berjarak sekitar 7 kilometer dari Kota Semarapura, Klungkung ke arah timur. Pantai Kusamba juga menjadi salah satu pantai yang sering dijadikan tempat diselenggarakannya upacara keagamaan seperti kegiatan ngayut dan upacara ngaben.

Dipantai Kusamba ini kita dapat melihat hal yang unik yaitu menyaksikan proses pembuatan garam yang dilakukan oleh nelayan setempat. Pembuatan garam ini masih menggunakan cara tradisional dan itu sengaja dipertahankan untuk melestarikan tradisi yang sudah dilakukan sejak dahulu. Proses penangkapan ikan oleh nelayan di Pantai Kusamba inipun sama-sama masih menggunakan cara tradisional dan itu menjadi salah satu pemandangan yang unik saat kita mengunjungi Pantai Kusamba.

Perahu-perahu nelayan berjejer dengan rapi di pinggir pantai dan di bawah nyiur. Pemandangan tersebut semakin melengkapi kesan unik untuk Pantai Kusamba ini. Di Pantai Kusamba ini pemandangan alamnya sungguh indah dengan pasir putih yang begitu menggoda. Melihat panorama matahari terbenampun akan menjadi kenangan yang terindah dan membuat kunjungan berwisata ke Pantai Kusamba akan semakin sempurna. Menikmati hidangan makanan bersama keluarga dengan suguhan pemandangan ombak laut yang menderu-deru dan hilir mudik kapal nelayan membuat kita semakin berselera dalam meanikmati hidangan tersebut. Tawa canda bersama dengan keluarga tercinta akan menambah erat rasa kebersamaan yang terjalin.

Untuk mengunjungi Pantai Kusamba yang luar biasa indah ini, dapat ditempuh dengn menggunakan mode transportasi kendaraan pribadi maupun dengan kendaraan umum. Akses jalannya cukup mudah sehingga akan membuat perjalanan kita semakin nyaman. Sepanjang perjalanan menuju Pantai Kusamba ini, kita juga akan dimanjakan oleh pemandanga yang begitu menyejukkan kalbu.