Mengunjungi Salah Satu Icon Provinsi Lampung, Menara Siger Menara Unik dan Menarik

0
713

Provinsi Lampung tidak hanya terkenal akan sosok Way Kambas saja yaitu tempat yang melindungi dan melestarikan satwa langka gajah. Tidak pula dengan Gunung Krakatau yang memiliki history yang melegenda dan sangat fenomenal . Masih banyak tempat menarik lainnya di Lampung yang dapat anda kunjungi sebagai destinasi wisata yang dapat menorehkan kesan wisata yang menarik dan menyenangkan. Tempat wisata yang anda kunjungi di Lampung, dapat memberikan petualangan tersendiri yang tak akan mudah terlupakan begitu saja. Satu tempat yang dapat direkomendasikan dan dapat menjadi destinasi berwisata anda di daerah Lampung tersebut adalah Menara Siger yaitu satu bangunan cantik dan menawan yang mewakili budaya daerah Lampung.

Menara Siger suatu bangunan menara yang sangat terlihat indah dengan warna kuning tersebut terletak di Kecamatan Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan. Bangunan unik dan menarik yang dapat dibilang menjadi salah satu icon Provinsi Lampung tersebut berdiri dengan sangat anggunya di atas bukit yang tak jauh dari Pelabuhan Bakauheni sebuah pelabuhan strategis yang dijadikan sebagai tempat transit dan wisata. Anda dapat meilhat ke bangunan Menara Siger yang terlihat unik yang berbentuk mahkota pengantin wanita adat khas daerah Lampung. Selain melihat keunikan desain bangunannya, anda pun dapat menonton berbagai jenis kegiatan dan pertunjukan seni yang biasanya rutin di Menara Siger tersebut. Bahkan jika anda mengunjungi tempat yang sangat menarik tersebut pada malam Minggu, anda dapat melihat pertunjukan seni budaya dari daerah Batak, Jawa, Sunda, Lampung, dan juga daerah Banten.

Desain bangunannya memang terinspirasi dari mahkota siger sebuah benda yang sangat berciri khas daerah Lampung. Menara yang dibangun di atas bukit Bakauheni tersebut dirancang oleh seorang arsitek terkenal yang bernama Ir. Ansori Djausal dan diresmikan pada tanggal 1 Mei tahun 2008. Mendirikan bangunan unik tersebut memang tidak mudah karena dirasakan sangat kompleks. Mahkota siger yang menjadi inspirasi pembangunan menara tersebut, seringkali dipakai wanita Lampung saat upacara-upacara adat dilangsungkan.

Pada arsitektur bangunan Menara Siger juga dimasukkan bentuk asli tradisional Lampung lainnya yakni paguk di bagian kiri dan kanan menara yang sengaja dibentuk sebagai perlambang perahu. Saat anda melihat Menara Siger lebih detail lagi, anda dapat melihat di puncak menara terdapat payung dengan tiga warna yang berbeda yaitu warna kuning, putih, dan merah. Ketiga payung yang berwarna berbeda tersebut menyimbolkan tatanan masyrakat Lampung. Menara Siger bangunan menarik dengan desain yang tertata indah tersebut memiliki tinggi 32 meter, lebar 10 meter, panjang, 50 meter, dan mempunyai 5 tingkat lantai. Bangunan yang cukup megah dan menakjubkan.