Menggapai Puncak Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumut

0
1155

Jika anda sedang berada di Kabupaten Karo, Sumatera Utara dan berniat untuk mengunjungi tempat-tempat indah yang berada di kota tersebut namun anda masih bingung harus pergi ke mana karena anda kurang begitu mengenal tempat-tempat indah yang terdapat di Kabupaten Karo, Sumatera Utara tersebut. Memang terdapat banyak tempat di Kabupaten Karo dengan suasana keindahan alam yang pastinya akan membuat anda yang melihatnya begitu terpana. Anda akan merasa begitu betah dan nyaman dan tak ingin cepat-cepat untuk meninggalkan tempat yang memancarkan pesona keindahan alam tersebut.

Jika anda ingin berpetualang dan menikmati keindahan alam Kabupaten Karo, anda bisa coba untuk datang dan berpetulang menaklukan puncak Gunung Sinabung. Gunung yang memiliki tinggi 2.451 meter dpl tersebut merupakan bentukan alam yang semakin mempercantik keindahan alam Kabupaten Karo. Mencapai puncak Gunung Sinabung merupakan dambaan setiap orang dan menjadi kebanggaan tersendiri yang tak dapat ternilai. Gunung Sinabung ini merupakan satu satunya gunung di Sumatera Utara yang berkakikan di danau. Gunung Sinabung yang memiliki goresan dan lukisan keindahan alam ini mempunyai satu puncak yang sangat memberikan tantangan bagi mereka yang ingin maencapainya. Puncak tersebut yaitu puncak Batu Segal yang berbentuk seperti pilar batu yang menjulang tinggi.

Saat anda memutuskan untuk pergi menikmati petualangan ke Gunung Sinabung ini, sepanjang perjalanan menuju puncak gunung berapi yang masih aktif ini anda akan disuguhkan dengan panorama pemandangan alam yang sangat memanjakan anda. Menyusuri setiap barisan hutan tropisnya yang terasa begitu menyejukkan membuat rasa lelah yang melanda tidak terlalu begitu berat terasa. Pemandangan alam hutan yang menakjubkan tersebut diselingi dengan suara kicauan burung yang terdengar seperti nyanyian indah yang begitu merdu, membuat fikiran dan hati terasa begitu damai. Bagi anda yang sedang mengalami kejenuhan akibat pekerjaan, setelah meyaksikan dan merasakan suguhan menakjubkan di Gunung Sinabung ini akan lenyap seketika dan berganti dengan keceriaan.

Saat menelusuri Gunung Sinabung ini pun dapat menyaksikan keindahan alam lainnya dan membuat petualangan kita semakin terasa begitu sempurna. Keindahan lain yang dapat kita jumpai tersebut adalah panorama kawah Sinabung yang begitu terlihat mempesona. Kawah tersebut adalah Kawah Batu Sigala yang tak hentinya mengeluarkan uap panas dari dalam perut bumi. Saat mencapai puncak Gunung Sinabung merupakan hal yang dinanti-nantikan karena pemandangan alam semakin bertambah jelas keindahannya. Saat berhasil mencapai puncak anda dapat melihat pemandangan Danau Toba dan Kota Medan dari kejauhan. Selain itu juga kita masih dapat menyaksikan pemandangan Danau Lau Kawar dan hamparan rumah-rumah penduduk di sekitar kaki Gunung Sinabung yang akan terasa begitu membekas dalam dan sunggu sulit untuk terlupakan. Udara saat berada di puncak Gunung Sinabung ini mencapai suhu 15 derajat celcius dan anda harus siap dengan perbekalan pakaian tebal saat berada di tempat ini.

Rute untuk mencapai puncak Gunung Sinabung yang memiliki tantangan tersendiri bagi yang ingin mencapainya dapat di mulai dari tepian Danau Lau Kawar atau bisa juga melalui Desa Sigarang. Dari kedua tempat ini waktu yang diperlukan untuk sampai di puncak Gunung Sinabung adalah sekitar 4 jam. Apabila anda datang dari Kota Berastagi harus menempuh jarak sekitar 27 kilometer untuk sampai di lokasi awal jalur pendakian. Walaupun medan yang akan anda temui saat mencapai puncak Gunung Sinabung ini tidak mudah dan banyak rintangan, namun dengan hal tersebut akan semakin menambah rasa dan arti petualangan yang sesungguhnya.