Kesalahan yang Sering Muncul Ketika Beli Tiket Kereta Online

0
636

Meski pembelian tiket kereta api kini jauh lebih mudah karena bisa dilakukan secara online, bukan berarti proses pembeliannya tanpa kesalahan. Salah satu kesalahan yang sering muncul ketika beli tiket kereta api online adalah kesalahan penulisan data diri.
Menghindari Kesalahan Penulisan Informasi Data Diri
Kesalahan penulisan informasi data diri calon penumpang bukan hanya sering terjadi ketika membeli tiket secara online, tapi juga secara offline. Hal ini bisa terjadi karena calon penumpang kurang telit saat memasukkan data. Akibatnya, bukan hanya tak bisa menaiki kereta api yang sudah dijadwalkan, tapi juga tak bisa memasuki peron.
Langkah pertama yang perlu dilakukan untuk menghindari kesalahan penulisan informasi data diri yakni dengan memastikan KTP atau kartu identitas lainnya masih berlaku. Hindari menggunakan informasi dari kartu identitas yang hendak berakhir terutama bila perjalanan akan dilakukan 2,5 bulan ke depan. Bila menggunakan kartu identitas dengan masa berlaku panjang, Anda tak perlu khawatirketika mengecek ulang data diri yang diinputkan.
Meski Anda bisa membeli tiket kereta api tanpa antre di peron, sangat disarankan membawa kartu identitas ketika memesan tiket secara online. Masukkan data pribadi sesuai yang tertera di kartu identitas. Bila perlu cek kembali setelah memasukkan data pembelian tiket demi mengurangi resiko
kesalahan.
Salah Waktu Pemesanan Tiket
Yang dimaksud di sini adalah memesan di jam-jam sibuk sehingga tiket kereta api seringkali sudah habis atau hanya tersisa tiket dengan harga mahal. Biasanya jam-jam sibuk pemesanan tiket adalah pagi hari hingga sore hari. Di jam sibuk, tubuh juga cenderung mudah merasa lelah sehingga rentan terjadi kesalahan memasukkan data calon penumpang. Bila ingin membeli tiket kereta api secara online dan bisa memilih posisi tempat duduk terbaik, sangat direkomendasikan membelinya saat dini
hari. Saat dini hari, belum banyak orang yang memesan tiket kereta api sehingga Anda bisa memilih gerbong, tempat duduk dan jadwal keberangkatan sesuai keinginan.
Tidak Membandingkan Harga
Kesalahan lainnya yang sering terjadi adalah calon penumpang tak membandingkan harga kelas kereta api. Kesalahan ini terjadi bila calon penumpang terlalu berfokus pada jenis gerbong yang mereka inginkan sehingga mengabaikan kalau ada penawaran yang lebih baik. Dalam kasus tertentu, harga tiket gerbong kelas eksekutif yang termurah bisa terpaut sedikit dengan harga tiket gerbong kelas bisnis termahal. Tentu saja hal ini bisa membuat calon penumpang kecewa karena mereka melewatkan pelayanan yang lebih baik.
Bila Anda membeli tiket kereta api di loket stasiun biasanya petugas akan merekomendasikan penawaran harga tiket yang lebih baik. Tapi, bila Anda membeli tiket secara online, tentu yang menjadi bahan pertimbangan adalah keputusan Anda sendiri. Oleh sebab itu, penting untuk mengecek semua harga tiket di jadwal keberangkatan yang sama mulai dari harga tiket kelas ekonomi hingga eksekutif. Siapa tahu Anda bisa mendapatkan tiket kelas eksekutif dengan harga selisih sedikit dari tiket kelas bisnis termahal.
Tidak Mencari Rute Alternatif
Bila Anda hendak melakukan perjalanan dari Jakarta menuju Solo misalnya, tapi tiket jalur tersebut habis, sebaiknya pilih rute perjalanan alternatif. Anda bisa memilih kereta lain dengan jurusan Jakarta – Bandung terlebih dahulu, kemudian lanjutkan perjalanan menggunakan kereta sambungan dengan jurusan Bandung – Solo. Meski terlihat rumit, cara ini sangat efektif bila Anda mencari tiket perjalanan dengan jadwal keberangkatan mendekati Lebaran.
Membatalkan Pembelian Tiket Kereta Api
Karena salah memasukkan informasi atau salah memilih jadwal keberangkatan, sering kali calon penumpang membatalkan pemesanan tiket kereta api. Kalau hal ini juga terjadi pada Anda, jangan khawatir karena masih boleh membatalkan reservasi tiket. Anda juga akan memperoleh pengembalian biaya reservasi meski tidak sepenuhnya 100%.
Anda bisa melakukan pembatalan pemesanan tiket kereta api dengan mengunjungi stasiun dan mengisi formulir pembatalan. Atau bisa juga melakukan pembatalan dari aplikasi yang sebelumnya dipakai memesan tiket. Yang perlu Anda persiapkan adalah nomor identitas di dalam tiket harus sesuai dengan nomor identitas akun pemesanan tiket, kemudian pilih tombol “Pembatalan” pada menu E-Ticket. Proses pembatalan pembelian tiket hanya bisa dilakukan pada kode booking yang sudah lunas dengan jangka waktu maksimal 24 jam sebelum jadwal keberangkatan.