Jalur Curam Kelok 44, Jalur Menantang yang Membuat Jantung Ser-seran

0
1272

Panorama yang sangat indah namun bisa membuat jantungan. Itulah yang akan anda rasakan jika berada di ke kelok 44 Provinsi Sumatera Barat. Pemandangan menawan yang terpancar tersebut tercipta dari suasana jalan tersebut yang berada di atas tebing namun cukup membuat jantungan saat anda melewati kelok 44 yang terkenal dengan belokannya yang sangat curam. Jalan dengan kelokan yang curam tersebut sudah sangat begitu terkenal bahkan sampai ke mancanegara. Jalan berkelok yang disebut dengan kelok 44 ini terletak di Kabupaten Agam dan menjadi icon sendiri bagi daerah setempat.

Kelok 44 ini dikenal juga dengan oleh masyarakat sekitar dengan nama Kelok Ampeh Puluh Ampek. Bahkan jalur yang berkelok sangat curam ini pernah menjadi tempat diselenggarakannya balap sepeda internasional Tour de Singkarak pada tahun 2012 lalu. Jalur yang sangat menantang tersebut sebenarnya merupakan jalur penghubung dari Kota Bukittinggi menuju Danau Maninjau. Belokan di jalur tersebut memang sangat terlihat curam sekali dan saking curamnya jalanan tersebut seolah-olah dapat terlihat seperti terputus. Belokannya yang curam tersebut memang akan sangat berbahaya terutama bagi anda yang bukan seorang pengemudi profesional. Maka dari itu bagi anda yang belum terlalu mahir dan pintar menyetir disarankan jangan pernah mencoba untuk melewati jalur yang terasa mengerikan tersebut.

Bagi anda yang datang dari Kota Bukittinggi, plang pertama yang akan anda lihat dan lalui saat mulai memasuki kelok 44 adalah kelok 1. Semakin menurun dan berlikunya jalur yang dilewati maka akan semakin besar pula angka yang anda lihat di plang. Pada setiap kelokannya sudah terdapat tempat istirahat atau rest area yang bisa anda kunjungi bila anda merasa kelelahan. Rest area yang berupa warung makan tersebut dapat menjadi tempat istirahat yang menarik sambil menikmati keindahan alam yang tersaji di sekitar rest area. Banyak yang menilai keindahan alam yang tersaji di rest area ini tergambar begitu indah dan sangat begitu menawan sehingga tidak salah banyak orang yang betah berlama-lama di tempat peristiahatan tersebut. Keindahan Danau maninjau juga dapat terlihat di kejauhan dari rest area tersebut dan tempat yang paling tepat untuk melihat keindahan Danau maninjau dari kejauhan tersebut yaitu berada di kelok 44.

Berada di jalur ini anda akan dimanjakan dengan suguhan pemandangan alam yang begitu luar biasa memanjakan mata. Pemandangan pepohonan yang tumbuh menghijau membuat suasana di jalur ini kian terasa sejuk dan membawa kedamaian. Di sekitar jalur ini pun, para penduduk sekitar banyak yang menanam bunga-bunga yang beraneka warna dan menambah pemandangan di jalur menantang tersebut kian istimewa dan sempurna. Pemandangan Bukit Barisan pun akan menjadikan pandangan yang menyentuh kalbu dan akan selalu tersimpan baik dalam memory. Waktu yang tepat untuk melihat keindahan di jalur ini adalah saat pagi hari. Pemandangan saat itu dirasa merupakan pemandangan yang paling baik untuk disaksikan ditambah suasananya semakin sangat begitu asri karena udara yang masih sangat begitu segar. Jika anda ingin berlama-lama menikmati keindahan alam yang tersaji di jalur kelok 44 tersebut, anda bisa menginap di hotel yang terdapat di sekitar jalur yang terkenal sangat menantang tersebut. Petualangan ke kelok 44 pastinya akan menjadi petualangan yang sangat seru dan tak akan pernah sanggup untuk dilupakan.