Berwisata ke Museum Nasional “Gajah”, Museum Terlengkap di Indonesia

0
928

Berwisata edukasi dapat menjadi pilihan tepat untuk mengisi waktu senggang yang ada. Berwisata edukasi selain dapat membuat kita maeras terhibur dan merasa gembira namun juga membuat dan menambah pengetahuan kita menyangkut tempat wisata yang kita kunjungi. Bagi kita yang tinggal di Jakarta dansekitarnya dapat berwisata sambil mendapatkan ilmu yang baru jika kita mencoba berkunjung ke Museum Nasional yang berada di Jalan Merdeka Barat Jakarta.

Icon Jakarta bukan hanya Monumen Nasional (Monas) saja tetapi juga Museum Nasional menjadi salah satu tempat yang menjadi icon kota Jakarta ini. Museum Nasional ini dikenal juga dengan Museum Gajah karena terdapat sebuah patung gajah yang terletak di depan bangunan museum. Patung gajah menarik ini dibuat dari bahan perunggu dan merupakan hadiah dari raja Thailand yang bernama chulalongkorn pada tahun 1871. Selain kita dapat menyaksikan patung gajah yang unik tersebut didepan halaman Museum Nasional ini kita dapat melihat beberapa meriam kuno yang ditata dengan sangat rapi.

Memasuki ke dalam museum kita akan menjumpai sebuah spot yang diberi nama dengan Taman Arca. Taman dengan rumput hijau yang menyejukkan pandangan tersebut memang dipenuhi dengan banyak arca-arca dengan beragam bentuk dan ukuran. Bentuk arca yang paling mencolok dan mencuri perhatian di Taman Arca ini adalah arca Nandiswara yang berbentuk lembu atau sapi. Ditaman arca ini juga terdapat lumpang-lumpang kuno yang biasa disebut yoni dan terbuat dari batu andesit.

Museum Nasional ini memang museum dengan koleksi benda bersejarah terlengkap. Selain arca tadi kitapun masih dapat melihat lagi benda koleksi lainnya yang tidak kalah mempunyai nilai sejarah yang tinggi. Yaitu koleksi berbagai jenis keramik dari berbagai jaman yang ditata dengan begitu apik dan rapi. Koleksi keramik yang tertata rapi tersebut dipajang dalam kaca-kaca yang sangat bening dan bersih sehingga kita dapat melihat benda koleksi tersebut dengan sangat jelas walaupun tanpa harus menyentuhnya. Dimuseum ini juga tersimpan berbagai jenis tekstil khas Indonesia yang terletak pada satu spot yang dikenal dngan galeri tekstil. Beragam jenis koleksi tekstil khas Indonesia inipun tersimpan rapi dalam lemari kaca.

Pemandangan rumah miniatur dari seliruh seluruh suku di Indonesia juga dapat kita jumpai di Museum Nasional ini. Kita dapat belajar lebih banyak dan memperdalam lagi tentang rumah-rumah tradisional di Indonesia dan akan semakin menumbuhkan rasa bangga dan cinta tanah air yang lebih dalam lagi. Tak cukup hanya sampai di situ saja, di museum kebanggaan Bangsa Indonesia ini kita masih dapat melihat berbagai jenisa gamelan, berbagai koleksi perhiasaan, galeri prasajarah, galeri arkeologi dan masih banyak lagi jenis benda koleksi bersejarah lainnya.

Bagi kita yang ingin mengunjungi Museum Nasional ini kita akan merasakan suasan wisata yang sangat berbeda namun pastinya tetap menarik dan semakin menambah pula wawasan kita terhadap kebudayaan negeri sendiri. Tiket masuk saat berkunjung ke Museum Nasional inipun tergolong sangat murah yaitu untuk dewasa hanya perlu membayar sebesar Rp. 5.000 per orangnya dan Rp.2.000 untuk anak-anak . Harga tersebut tidak seberapa dibandingkan dengan keunggulan dan manfaat yang akan terima saat mengunjungi Museum Nasional ini.