WISATA SUNGAI BAWAH TANAH DI GUA PINDUL YOGYAKARTA

Posted on Jan 2 2014 - 1:54pm by nay
  • suasana
  • Biaya Permainan
  • Fasilitas
  • keamanan dan kenyamanan

Setiap orang pasti akan merasakan penat jika selalu melakukan aktifitas sehari-hari. Jika penat itu menyerang, tidak salahnya kita untuk menghilangkan penat kita dengan refresing seperti berwisata. Indonesia kaya akan tempat-tempat wisata yang sangat menarik untuk di kunjungi. Salah satu tempat wisata bawah air yang sangat menarik untuk di kunjungi adalah Gua Pindul.

gua pindul5

Di dunia tidak banyak memiliki gua dengan sungai bawah tanah, tapi yang namanya Indonesia yaitu Negara yang kaya akan alam, pasti memiliki salah satu tempat tersebut. Gua pindul yang berada di Gungung Kidul Yogyakarta, ini merupakan salah satu kebanggaan Indonesia, karena pesona alamnya membuat gua ini menjadi eksotis.

gua pindul

Kalau biasanya kita menyusuri gua dengan berjalan kaki, di Gua Pindul kita harus menggunakan pelampung. Cara untuk menikmati gua ini, para pengunjung akan menyusuri arus sungai bawah tanah dengan menumpang pada ban karet yang di hanyutkan, aktifitas ini disebut kestabing.Aliran sungai ini berasal dari aliran sungai Gedung Tujuh yang tidak akan pernah kering meskipun pada musim kemarau.

gua pindul3

Paket wisata di gua ini sangatlah murah, hanya dengan biaya 30.000 rupiah anda bisa menikmati sungai bawah tanah. Untuk menjaga keselamatan, anda akan dibekali helm yang sudah dilengkapi senter, pelampung, ban karet dan sepatu karet. Dalam melakukan aktifitas ini pastinya ada pemandu yang akan menemani untuk memberi penjelasan dan pengarahan.

gua pindul 1

Di dalam gua ini anda akan menemukan batu perkasa dan akan ada air mutiara yang jatuh ketika orang hendak melewatinya dan air ini akan selalu menetes. Biasanya untuk para wisatawa perempuan, air ini digunakan untuk membasuh muka katanya untuk menambah kecantikan. Selain itu di tengah perjalanan siapapun bisa meminta untuk berenang ataupun lompat tebing.

gua pindul4

Penelusuran gua ini dipadukan dengan spiritual yang dinamakan kegelapan abadi, biasanya dilakukan di ruang gelap di tengah gua selama 20 menit dan pemandupun akan mematikan senter.

Butuh wakti selama 1 jam untuk menelusuru gua dengan panjang 350 meter ini. Akhir dari perjalanan anda akan menemukan air yang airnya jernih. Setelah selesai menghabiskan waktu di alam, Anda bisa kembali ke Yogyakarta. Untuk referensi hotel, temukan daftar hotel murah di Yogyakarta di website Hotelmurahbagus.com.

Menurut legenda ada bayi yang terbentur batu saat dimandikan di gua ini, dan orang jawa menyebutnya kebendul, maka dari itu gua ini dinamakan dengan Gua Pindul.

Komentar
Bagikan yang bermanfaat :
About the Author