Wisata Pantai Manalusu Garut Selatan

FILE1582

Di semenanjung pesisir pantai Pulau Jawa terdapat pesona pantai yang begitu eksotis. Begitu pula dengan pesisir pantai Garut selatan yang terbentang kurang lebih sekitar 60 Km dari batas daerah. Dan berhadapan langsung dengan laut lepas Samudra Hindia sehingga gelombang airnya lebih besar daripada laut Indonesia bagian utara. Di Garut Selatan terdapat banyak pantai yang masih alami dan menyuguhkan panorama pantai yang sangat indah. Diantaranya Pantai Santolo, pantai Sayang Helang, pantai Gunung Geder, pantai Manalusu, Pantai Puncak Guha, dan pantai Rancabuaya.

Diantara beberapa pantai tersebut, terdapat pantai yang terlupakan padahal menyiman panorama pantai yang eksotis. Seperti pantai Manalusu, yaitu pantai yang terletak di daerah Cigadog kecamatan Cikelet kabupaten Garut. apabila dilihat sepintas, pantai ini merupakan perpaduan antara pantai Santolo dan pantai Rancabuaya. Karena terdapat hamparan pasir putih dan karang di pinggir pantainya. Bukan hanya itu, di pantai Manalusu ini juga terdapat perkampungan yang letaknya dipinggir pantai. Dengan masyarakatnya yang kental akan budaya ketimuran yang ramah dan santun juga kesederhanaan khas masyarakat pasundan dapat anda temui di pantai Manalusu ini.

fr

Keindahan alam yang masih seperti aslinya dikarenakan belum adanya investor yang menanam modal di pantai ini. Jadi belum ada fasilitas yang memadai seperti hotel dan resort. Akan tetapi, terdapat gazebo di pinggir-pinggir pantai yang bisa digunakan untuk beristirahat dan menikmati pemandangan.

Kebiasaan masyarakatnya yang unik yaitu mencari ikan dengan menggunakan ban dan menyelam ke dasar laut telah dilakoni oleh sebagian masyarakat untuk mencari udang lobster, kepiting, dan ikan-ikan lainnya. Keahlian demikian dikarenakan minimnya peralatan modern seperti perahu dan lainnya yang dimiliki oleh para nelayan. Warung-warung yang terdapat dipinggir-pinggir pantai menyediakan minuman dan makanan ringan juga makanan khas sunda seperti rujak, lotek, karedok, petis dan lainnya menambah daya tarik wisata dengan sekaligus wisata kuliner.

Akses jalan yang dapat ditempuh untuk menuju pantai ini dapat anda lalui melalui dua jalur. Yaitu jalur Bungbulang dan Jalur Pameungpeuk. Jalur Bungbulang bisa ditempuh dari Cianjur, Bandung dan Garut yaitu melalui kecamatan Caringin dan talegong sekitar 80 Km dari kecamatan Bungbulang. Dari jalur Pameungpeuk dapat ditempuh langsung melewati kecamatan Cikajang dengan jalan bear dan mulus sekitar 90 Km dari pusat kota Garut.

FILE1583 FILE1588 FILE1600

Tags:

Sorry, the comment form is closed at this time.

Memberikan informasi seputar wisata dalam negeri maupun luar negeri. dengan dukungan gambar, sehingga jelas dan bermanfaat bagi anda yang ingin mengunjungi tempat tertentu., semoga liburan dan wisata anda menyenangkan