Wisata Pantai Kucur Puger Memiliki Nilai Sejarah dan Pemandangan Alam yang Indah

0
2808

Pantai Kucur yang terletak di Jember Jawa Timur merupakan pantai cukup menawan dengan ombak yang tidak terlalu besar. Area wisata Pantai Kucur yang mempunyai luas dua hektare ini mempunyai filosofi dan riwayat sejarah tersendiri mengapa pantai ini dinamakan Pantai Kucur. Pemberian nama pantai di Jember ini menjadi Pantai Kucur didasarkan atas petilasan bekas pertapaan seorang prajurit yang bertugas mengawal Pangeran Puger dari Kerajaan Mataram yang bernama Mbah Kucur. Petilasan yang terletak di ujung pantai selatan Jember tersebut sekarang ini juga menjadi tujuan wisata batin. Banyak pengunjung yang mengunjungi petilasan ini terutama pada hari Kamis dan malam Jumat. Setiap tanggal 15 Muharram juga sering diadakan upacara adat larung sesaji petik laut.

Pantai ini cukup bisa membuat fikiran kita santai merasa terhindar dari kejenuhan. Pasir putihnya yang bersih dan ombaknya yang tidak terlau besar sangat membuat nyaman para pengunjung yang datang ke tempat wisata ini. Terdapat satu keunikan di Pantai Kucur ini yang akan kita saksikan yaitu saat air laut sedang pasang maka pantai ini bisa menjadi pulau karena bentuk daratannya yang landai. Panorama Pantai Kucur yang diselimuti tumbuh-tumbuhan pantai dan juga semak belukar membuat pantai ini dari kejauhan terlihat hijau kebiru-biruan. Warna kebiruannya berasal dari pantulan air laut yang dipancarkan sinar matahari yang terkena pada daun yang menutupi pantai.

Pengunjung dapat menikmati suguhan pemandangan dan panorama lain saat berkunjung ke Pantai kucur ini yaitu saat menyaksikan fajar yang menyingsing di pagi hari yang begitunampak mempesona. Cahaya matahari yang kemerah-merahan saat akan tenggelampun juga menjadikan panorama yang begitu memanjakan pengunjung.

Pantai Kucur ini banyak ditumbuhi oleh beragam jenis pohon dari jenis tanaman atau flora khas daerah pantai. Tanaman yang dapat dijumpai tersebut seperti nyamplung, sejenis klampis laut, trembesi, pohoin sawo kecik, sawo gunung, mahoni, wimbo, gayam, akasia dan masih banyak lagi jenis tanaman khas pantai lainnya yang menambah keunikan.

Untuk faunanya pun yang terdapat di sekitar hutan pantai ini adalah menjangan, kijang, kura-kura, dan banteng. Kegiatan menarik yang bisa kita lakukan di Pantai Kucur ini salah satunya adalah berkemah. Berkemah di sini sangat cocok rasanya untuk menikmati udara segar dan untuk lebih merasakan kedekatan kita dengan alam yang sungguh indah luar biasa.

Salah satu hal yang menarik juga melakukan wisata ke Pantai Kucur adalah karena pengunjung tidak dikenakan biaya/tiket masuk. Makanya tempat ini selalu ramai dikunjungi para wisatawan. Apalagi jumlah wisatawan saat hari libur besar seperti hari raya Idul Fitri atau Idul Adha sangat membludak mencapai sekitar 20 ribu orang perhari yang pada hari biasa hanya mencapai kisaran 2000 orang perharinya.

Banyak sekali oleh-oleh yang bisa kita beli dan bawa pulang untuk keluarga di rumah khususnya yang berasal dari hasil lautnya. Kita bisa membeli beragam jenis ikan yang rasanya pasti sangat menggugah selera seperti ikan tongkol, ikan bandeng, ikan pating, rajungan, ikan nus, ikan cumi-cumi, ikan layang, ikan pari, ikan teri putih, ikan layur, maupun kepiting. Kita pasti akan merasa puas dengan menyajikan masakan ikan laut ini dirumah karena ikannya masih segar-segar dan rasanya sangat lezat.

Kita yang ingin berkunjung dan berwisata ke Pantai Kucur khususnya yang berasal dari Surabaya bisa dengan naik bus dari terminal Bungurasih dengan jurusan Ambulu kemudian turun di Kecong atau di Gumukmas. Ongkos yang harus dikeluarkan naik bus tersebut adalah sebesar Rp.27000 peroangnya. Setelah itu perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan mikrolet ataupun ojek menuju ke Puger. Total waktu perjalanan yang dihabiskan dari Surabaya ke Kucur Puger adalah sekitar 5 sampai 6 jam.