Wisata Indonesia yang Bersalju di Puncak Gunung Jaya Wijaya Papua

0
1113

Bagi para pecinta alam yang tangguh bisa dikatakan belum 100% tangguh jika belum pernah menalukan gunung Jaya Wijaya. Pegunungan Jaya Wijaya ini terletak Papua bagian tengah, nama puncak yang tertinggi pegunungan ini antara lain Puncak Yamin, Trikora, Mandala, dan Jaya Wijaya. Dengan ketinggian 4884 m diatas permukaan laut, merupakan gunung tertinggi di Oceania dan Australia, termasuk kedalam kategori ke-7 puncak tertinggi di dunia.Akses menuju kepuncak cukup rumit. dikarena kerusuhan yang terjadi dan gerakan separatis para suku penduduk asli Papua yang sering berulang kali terjadi peperangan. Penuh tantangan dan sangat beresiko juga memakan waktu yang lama untuk berencana pergi ke satu-satunya tempat bersalju di Indonesia ini.

Bagaimana untuk dapat mencapai kesana? Ini dia tipsnya :

  1. Terdapat 2 jalur untuk menuju kesana yaitu jalur penuh tantangan mellui desa Ilaga. Ke 2 dengan helikopter menuju ke Basecamp Bukit Danau atau biasa disebut Danau Valley.
  2. Sewa agen perjalanan untuk menuju kesana karena jika anda belum pernah hacking berat ataupun pernah merasakan area salju yang dingin, maka dapat dipastikan akan kalah sebelum sampai pada medan puncak.
  3. Siapkan mental dan fisik karena diperlukan stamina lebih untuk melakukan mendakian yang amat sangat ekstrim.
  4. Perbekalan harus dapat mencapai waktu yang cukup lama sekitar 3 minggu, tapi anda harus bersiap-siap memilih barang yang penting seminimal mungkin untuk mengurangi beban berat selama pendakian.
  5. Buatlah kelompok pendakian dengan menyertakan orang yang sangat berpengalaman dan dapat menjadi panutan dan tuntunan selama dalam perjalan

Jika hal diatas sudah anda lakukan maka anda dijamin akan sampai di puncak salju Jawa Wijaya. Nama lain dari Puncak Jaya Wijaya adalah Carstensz Pyramide atau biasa disebut Puncak Carstensz. Yang sejarahnya diambil dari nama seorang pendaki petualang asal Belanda, Jan Carstensz.Dialah orang yang pertama kali melihat salju di daerah tropis. Ketika dipuncak anda harus berhati-hati dengan gletser atau semacam aliran salju tumpah,pada wilayah ini geltser termasuk tipe Valley Glacier, yaitu gletser yang mengalir ke daerah rendah yang datang dari tempat tinggi. Dan kemungkinkan besar terdapat aliran sungai es di tempat wisata gunung tertinggi di Oceania ini.

Semoga anda ada dalam keselamatan.