Wisata Edukasi yang Penuh Manfaat ke Museum Timah di Bangka Belitung

Provinsi Bangka Belitung tak hanya menawarkan sajian berwisata alam namun masih banyak jenis wisata lainnya yang dapat anda nikmati jika sedang berkunjung ke provinsi yang sudah terkenal akan keindahannya alamnya tersebut. Di Bangka Belitung anda dapat menikmati dan mencoba petualangan wisata lainnya seperti wisata sejarah, wisata budaya, maupun wisata edukasi. Salah satu tempat di Bangka Belitung tersebut yang termasuk ke dalam wisata edukasi adalah dan dapat anda kunjungi yaitu Museum Timah.

Bangunan museum yang didirikan pada tahun 1958 tersebut merupakan museum timah satu-satunya yang berada di Indonesia bahkan di Asia. Museum yang saat ini dikelola oleh PT. Tambang Timah (Persero) Tbk tersebut terletak di Jl. Ahmad Yani No. 179, Pangkalpinang. Museum Timah yang unik dan menarik tersebut pada masa lalu merupakan sebuah rumah dinas Hoofdt Administrateur Banka Tin Winning (BTW). Pembangunan Museum Timah segaja dibangun untuk mengabadikan atau mendokumentasikan sejarah penambangan timah di Provinsi Bangka Belitung. Penambangan timah yang berkembang secara pesat di provinsi tersebut mulai terjadi pada tahun 1858 dan sempat mengalami masa kejayaan. Dibangunya Museum Timah tersebut juga bisa menjadi sarana edukasi bagi masyarakat luas sehingga dapat meningkatkan pengetahuan dan menambah wawasan bagi mereka yang datang berkunjung.

Mengunjungi Museum Timah anda akan banyak sekali mendapatkan hal-hal yang positif. Banyak sekali keunggulan yang dimiliki oleh Museum Timah yang dapat membuat anda begitu merasa nyaman di tempat yang penuh wawasan tersebut. Beragam keunggulan yang dihadirkan bagi para pengunjung tersebut dapat dinikmati secara gratis karena pihak Museum Timah tidak menarik biaya atau tiket masuk bagi anda yang ingin berkunjung ke tempat menarik tersebut. Museum yang buka pada pukul 08.00 – 16.00 setiap hari Senin – Jumat dan pukul 09.00 – 14.30 setiap hari Minggu tersebut sangat layak untuk dikunjungi karena dapat memberi kesan wisata yang berbeda yang begitu menyenangkan.

Anda dapat melihat bangunan dan suasana di Museum Timah begitu tampak teratur dan tertata dengan sangat baik. Hal tersebut merupakan nilai positif yang dapat membuat setiap pengunjungnya merasakan kenyamanan selama berada di area museum. Karena hal tersebut jualah jumlah pengunjung yang datang ke Museum Timah dari waktu ke waktu terus mengalami peningkatan yang signifikan. Apalagi setelah proses renovasi yang telah dilakukan pada Museum Timah pada tahun 2010 membuat museum tersebut semakin tampak menarik untuk dikunjungi. Sayang rasanya jika anda pergi ke Bangka Belitung tidak singgah ke Musem Timah yang mempunyai nilai sejarah dan budaya seni tinggi tersebut.

Pada halaman museum anda dapat menjumpai sebuah lokomotif pengangkut timah yang sangat menarik. Memasuki ke dalam bangunan museum, anda dapat mengetahui mengenai sejarah penambangan timah di Bangka yang telah dimulai sejak abad ke – 17 yaitu pada masa Kesultanan Palembang. Sejarah penambangan timah sejak zaman penjajahan Belanda sampai Indonesia telah merdeka semuanya dipampang dengan jelas di Museum Timah, Bangka Belitung. Tambang timah yang semula milik pemerintah Hindia Belanda setelah Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya statusnya diubah menjadi tambang milik pemerintah Indonesia.

Pengalaman wisata ke Museum Timah adalah suatu petualangan terindah yang begitu menyenangkan. Anda yang ingin mengunjungi Museum Timah yang berada di Bangka Belitung tersebut dapat menjangkaunya dengan menyewa kendaraan baik mobil maupun motor. Bagi anda yang ingin pergi ke museum dengan menyewa mobil anda perlu menyiapkan dana atau tarif sewa kendaraan mulai dari harga Rp.350.000 perhari. Harga tarif yang ditawarkan tersebut sudah termasuk dengan supir yang akan mengantarkan anda ke lokasi museum. Alternatif lainnya yang dapat anda pilih yaitu untuk sampai ke Museum Timah adalah dengan naik ojeg dengan tarif yang bisa dinegosiasikan.

Tags: , ,

Sorry, the comment form is closed at this time.

Memberikan informasi seputar wisata dalam negeri maupun luar negeri. dengan dukungan gambar, sehingga jelas dan bermanfaat bagi anda yang ingin mengunjungi tempat tertentu., semoga liburan dan wisata anda menyenangkan