Wisata Batu Tumpang Cikajang Garut

0
2703

batu tumpang 2

Kecamatan Cikajang merupakan salah satu kecamatan yang ada di kabupaten Garut. Dengan iklim sejuk dan suasana pedesaan khas priangan yang dimiliki Cikajang, menjadikan kecamatan Cikajang sebagai kecamatan yang banyak dilirik oleh para pemerhati lingkungan. Cikajang juga merupakan kecamatan yang menghasilkan devisa tertinggi di kabupaten Garut. Mata pencaharian masyarakatnya sebagian besar merupakan petani yang kebanyakan berkebun sayur-sayuran.

Bukan hanya itu di kecamatan Cikajang juga kaya akan keindahan alamnya. Hamparan perkebunan teh warisan Belanda membuat Cikajang sering di samakan dengan Puncak Cipanas Cianjur. Dengan ketinggian 1.200 meter dari permukaan laut, membuat Cikajang berhawa dingin sekitar 17 derajat Celcius.

batu tumpang a

Tempat yang sering dikunjungi sebagai pelepas penat adalah Batu Tumpang yang berada di desa Cipangramatan kecamatan Cikajang sekitar 10 Km dari pusat kecamatan Cikajang ke arah kecamatan Pameungpeuk. Walaupun jalannya berbelok-belok dan tikungan tajam, akan tetapi akses jalan lancar dan kondisi jalan mulus dan memudahkan untuk dikunjungi. Asal kata dari nama Batu Tumpang sendiri yaitu dari bahasa sunda yaitu batu numpang yang berarti sebuah batu yang besar yang menempel di atas bukit.

Pemandangan yang sangat menarik akan anda saksikan ketika anda berada di daerah ini. Ketika kita melihat batu yang besar dengan ketinggian sekitar 30 meter dan diameter 15 meter terpangpang gagah menempel di atas bukit dan di bawahnya terdapat jalan raya. Selain itu kita bisa melihat pemandangan yang eksotis karena dapat melihat beberapa daerah di kecamatan Singajaya yang berada di bagian timur.

Awalnya tempat ini bukanlah tujuan utama para wisatawan, akan tetapi karena tempatnya yang indah dan sering terlewati dan banyak para pengendara kendaraan yang istirahat untuk melepas lelah di daerah Batu Tumpang ini. Sehingga lama-kelamaan menjadi tujuan utama para wisatawan untuk menikmati pesona alam. Bahkan para mahasiswa dan pecinta alam sering menjadikan Batu Tumpang sebagai arena untuk mendaki. Di setiap hari libur seperti hari minggu dan libur Batu Tumpang menjadi tempat melepas penat dan liburan keluarga untuk sekedar makan-makan.

Nah bagi anda penggemar wisata dan kuliner. Di Batu tumpang juga terdapat banyak warung nasi yang menyuguhkan bermacam hidangan tradisional khas tanah Pasundan. Jadi bila anda akan bepergian ke Garut Selatan jangan lewatkan untuk singgah dan beristirahat di Batu Tumpang. Selamat Mencoba.

batu tumpang b batu tumpang c panjat batu tumpang