WISATA AKHIR PEKAN DI PULAU KEMBANG KALIMANTAN SELATAN

Salah satu lagi wisata DI Indonesia yang tidak boleh anda lewatkan untuk mengunjungi tempat tersebut adalah Pulau Kembang.  Di tempat ini terdapat sebuah kuil untuk berdo’a. Keberadaan kuil  tersebut menggambarkan bahwa orang yang berkunjung ke pulau kembang ini tak cuman mereka yang ingin berwisata, melainkan bagi mereka juga yang ingin berdo’a. kuil tersebut berbentuk pendopo dengan altar  menghadap pintu gerbang yang di hiasai dua buag arca yang berbentuk kera putih atau hanoman.

wisata pulau kembang

Berdasarkan hikayat pulau ini berawal sekitar abad 1698, ketika Inggris membuka kantor dagang di daerah Banjarmasin. Akibat memanasnya hubungan Inggris dengan Banjar, maka sekitar tahun 1950-an terjadilah perang. Kekuatan Inggris dapat di hancurkan termasuk kapal-kapal yang bersandar di sungai Barito, dan bangkai dari kapal itulah yang menjadi cikal bakal terbentuknya pulau. Sedangkan nama Pulau Kembang diperkirakan muncul dikarenakan banyak orang yang berkunjung ke tempat ini dengan membawa kembang dengan tujuan memberikan sesaji.

memberi makan kera

Meskipun terkesan tah terawat, namun Pulau Kembang sangatlah menarik untuk di kunjungi. Kerumunan monyet dan pemandangan di sekitar pulau sangatlah mengasyikan untuk dapat di nikmati. Ratusan monyet jinak berkeliaran, dan para pengunjung dapat berinteraksi langsung dengan memberikan makanan yang berupa kacang. Tetapi, anda tidak perlu repot membawa makanan, karena di lokasi ini terdapat sejumlah pedagang asongan yang menjual makanan.

pulau kembang

Untuk masuk ke dalam taman wisata, anda bisa memanfaatkan jasa pawang, pawang inilah yang akan memandu anda untuk berkeliling di dalam wisata alam ini untuk melihat lebih dekat kehidupan para satwa. Tak jarang pawang-pawang ini mengeluarkan suara dengan kode-kode tertentu untuk memancing kedatangan kera-kera yang menghuni kawasan tersebut.

Menurut kepercayaan masyarakat, bila pengunjung datang dan langsung di kelilingi para kera maka dia akan mendapatkan rezeqi, tetapi jika kera-kera tersebut malah lari ke hutan maka dia akan surut rezeqi.

monyet pulau kembang

Bagi anda yang ingin berkunjung ke pulau kembang harus berhati-hati dengan barang bawaan yang anda bawa. Saat anda lengah, tak jarang kera-kera ini akan mengambil barang bawaan anda dan bila sudah di ambil kera maka akan sulit untuk mendapatkan kembali. Namun, bila anda menginginkan barang itu kembali, ada satu cara yang dapat di tempuh yaitu dengan menukarkan barang tersebut dengan makanan kacang sebagi tebusannya maka kera  akan melepaskan barang tersebut dengan sendirinya.

berbaur dengan monyet di pulau kembang

Sebagai pulau yang di huni oleh ratusan kera, pulau kembang menjati salah satu tujuan wisata yang tak boleh terlewatkan. Kehidupan ratusan kera di pulau ini menjadikan pemandangan yang eksotik yang tak mungkin terlupakan bagi setiap wisatawan ketika berkunjung ke Kalimantan Selatan khususnya Kabupaten Barito Kuala.

Tags: , , ,

Sorry, the comment form is closed at this time.

Memberikan informasi seputar wisata dalam negeri maupun luar negeri. dengan dukungan gambar, sehingga jelas dan bermanfaat bagi anda yang ingin mengunjungi tempat tertentu., semoga liburan dan wisata anda menyenangkan