Upaya Bank Membantu Nasabah Dengan Masalah Kredit Macet

0
102

Beberapa orang tidak mau mengambil kartu kredit karena takut jika suatu saat nanti terkena kredit macet. Padahal, sebenarnya sudah ada upaya untuk mengatasi atau bahkan mencegah dari hal buruk tersebut. Misalnya saja jika Anda menjadi pemegang Karta Platinum, Anda bisa melakukan kontrol terhadap tagihan kartu kredit Anda kapan saja dan di mana saja. Asalkan ada smartphone dan koneksi internet, Anda bisa melakukan hal tersebut.

Ternyata, melakukan kontrol terhadap tagihan kartu kredit secara berkala menjadi salah satu cara yang paling tepat untuk mencegah kartu kredit over limit yang bisa juga menyebabkan masalah kredit macet. Dan fasilitas ini ditawarkan oleh HSBC demi mempermudah pemegang kartu kredit agar tidak terjadi hal buruk tersebut.

Namun, bagaimana jika ternyata kredit macet tetap terjadi? Semua bank sudah melakukan langkah untuk membantu para nasabah yang mengalami masalah tersebut.

Lari Tidak Menyelesaikan Masalah

Cara paling mudah ketika menghadapi masalah adalah lari. Dan ini tindakan yang sering dilakukan. Begitu juga dengan mereka yang mengalami kredit macet. Karena mereka tidak mampu membayar tagihan plus denda karena keterlambatan, akhirnya mereka memilih untuk lari.

Apapun alasannya, lari tidak akan menyelesaikan masalah. Toh sebenarnya bank punya instrumen untuk membantu. Tidak mungkin bank melepas nasabah begitu saja. Ketika sudah mendapatkan nasabah, meskipun mengalami kredit macet, bank akan mencoba untuk membantu menyelesaikan masalah tersebut. Dengan harapan, orang tersebut tetap punya kartu kredit dan menjadi customer yang loyal.

Oleh sebab itu, jika ada orang yang mengalami kredit macet kemudian memutuskan untuk lari, itu keputusan yang 100% salah. Apapun masalahnya, seharusnya dihadapi, bukan dihindari. Begitu juga ketika kredit macet. Seseorang harus datang ke bank agar segera mendapatkan bantuan.

Bantuan Untuk Mengatasi Masalah Kredit Macet

Ada beberapa skema yang bisa dilakukan untuk mengatasi kredit macet. Tentu setiap bank punya cara sendiri. Akan tetapi, secara umum, jika Anda punya Kartu Kredit Platinum dan ternyata terkena kredit macet, bank akan memberikan bantuan sebagai berikut:

  • Set Ulang

Pada intinya, bank tidak ingin kehilangan customer apapun alasannya. Tentu saja bank kecewa dan rugi jika ada yang mengalami kredit macet. Namun, di sisi yang lain, tidak mudah lho bank mendapatkan nasabah. Apalagi semakin banyak bank yang bermunculan. Makanya, jika ada masalah seperti kredit macet, bank akan mencoba mengeluarkan Anda dari masalah tersebut.

Hal pertama yang akan dilakukan adalah dengan melakukan set ulang. Artinya, syarat pengajuan kredit diperharui agar Anda bisa dengan mudah membayar tagihan. Dalam hal ini, pihak bank akan mencarikan win-win solution untuk pihak bank juga untuk Anda sebagai nasabah.

  • Meminta Keringanan

Sebenarnya, angsuran per bulan itu sudah ditentukan. Dan ini pasti sudah dibicarakan sejak awal ketika Anda mengajukan kartu kredit. Akan tetapi, jika ternyata kondisi berubah dan rasanya Anda terlalu berat untuk membayar sejumlah tagihan tertentu, Anda bisa meminta keringanan. Biasanya, bank akan memberikan keringanan terutama ketika seorang nasabah mengalami kredit macet. Istilahnya, Anda meminta fasilitas tambahan, berupa keringanan.

  • Menggadaikan Barang

Ini cara yang paling simple tapi termasuk win-win solution yang paling cepat di approve pihak bank. Jadi, karena Anda tidak bisa membayar tagihan tapi ingin tetap menggunakan kartu kredit, Anda bisa menggadaikan barang. Namun, barang yang Anda gadaikan harus bernilai sama dengan tunggakan.

Nah, kira-kira mana cara yang cocok untuk diterapkan? Tidak ada cara yang terbaik. Yang terbaik itu cara yang sesuai dengan kondisi masing-masing. Yang pasti, jangan lari. Datang ke bank karena bank sudah menyiapkan skema lain agar Anda bisa melunasi tunggakan dan akhirnya bebas dari kredit macet.

Trauma Dengan Kartu Kredit

Kebanyakan orang yang sudah pernah terkena masalah kredit macet akan langsung truma. Mereka ingin langsung terbebas dari kredit dan tidak lagi-lagi apply kartu kredit. Tentu itu pilihan setiap orang. Namun, menganggap kartu kredit sebagai sumber malapetaka jelas salah besar. Yang salah adalah pengguna.

Tidak ada kartu kredit yang tidak memberikan manfaat. Bahkan, sekarang ini beberapa kartu kredit memang dibuat untuk hal atau tujuan tertentu. Contohnya saja Kartu Platinum dikhususkan untuk orang yang hobi membeli barang branded. Dengan kartu kredit ini, Anda tidak perlu khawatir masalah keuangan jika ingin menambah koleksi barang branded. Ada fasilitas menarik seperti diskon besar-besaran dengan merchant yang menjual barang branded, poin reward, dan beberapa manfaat lainnya. Berbeda dengan jenis kartu yang lain.

Yang pasti, dua hal yang perlu Anda perhatikan ketika ingin apply kartu kredit. Pastikan Anda membutuhkan kartu tersebut. Maka dari itu, pelajari terlebih dahulu setiap jenis kartu kredit dan tentukan kira-kira kartu kredit mana yang Anda butuhkan.

Yang kedua, hitung seberapa kekuatan Anda untuk membayar tagihan per bulan. Ini yang akan menjauhkan Anda dari masalah seperti kartu kredit over limit atau bahkan kredit macet.

Tidak ada fasilitas yang salah. Yang membuat salah adalah penggunaannya yang kurag bijak. Tidak ada yang salah dengan motor dengan cc tinggi. Motor bisa digunakan untuk kebut-kebutan. Tapi, orang yang bijak tidak akan memacu motor tersebut dengan kecepatan tinggi di jalan kota. Bijak jika motor tersebut dipakai untuk latihan balapan dan itupun dilakukan di sirkuit, bukan di jalan tengah kota. Ini analogi yang cocok untuk menggambarkan bagaimana seharusnya Anda memandang sebuah Kartu Platinum.