Uniknya Bunker Jepang, Peninggalan Penjajahan Jepang di Sumatera Barat

Provinsi Sumatera Barat memang dapat dikatakan sebagai salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki keberagaman tempat wisata yang dapat menarik banyak jumlah wisatawan yang datang berkunjung untuk sekedar melepaskan kepenatan yang melanda. Sumatera Barat memang dianugerahi keindahan alam yang sungguh luar biasa memukau ditambah sejarah masa lalu provinsi tersebut yang begitu penting sehingga banyak melahirkan peninggalan tempat-tempat dan peninggalan sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Daerah Sumatera Barat sangat pas memang dijadikan untuk tempat menenangkan diri dari segala permasalahan yang melanda karena memang alamnya yang begitu mempesona tersebut seolah mampu meruntuhkan benteng permasalahan dan kepenatan yang berdiri dengan kokohnya.

Wisata di Sumatera Barat akan menjadi pengalaman indah yang selalu tersimpan dengan sangat baik dalam ingatan. Memory indah tersebut takkan pernah pudar oleh waktu dan bahkan selalu terselip keinginan untuk dapat mengulangi moment indah berwisata tersebut di lain kesempatan. Para pengunjung yang datang menikmati kegiatan berwisata di tempat-tempat wisata yang tersedia di Sumatera Barat, mereka tidak akan pernah cepat merasa bosan untuk berlama-lama menikmati keindahan tempat wisata yang tersaji tersebut. Maka dari itu ta mengherankan rasanya jika tempat-tempat wisata yang ada di Provinsi Sumatera Barat, selalu ramai dikunjungi oleh berbagai pelancong dari berbagai penjuru daerah.

Tempat menarik yang sangat wajib dikunjungi saat melakukan petualangan wisata di Provinsi Sumatera Barat diantaranya yaitu Bunker Jepang. Bunker yang memiliki nilai sejarah tersebut merupakan bangunan pada masa pemerintahan penjajah Jepang yang dibuat oleh masyarakat Indonesia saat masa kerja paksa sedang diterapkan penjajah Jepang. Bunker yang dibangun pada masa pemerintahan penjajahan Jepang tersebut, memiliki panjang sekitar 1.470 meter dan terpisahkan jarak 40 meter di bawah Ngarai Sianok. Dalam Bunker Jepang, dapat dijumpai 21 terowongan yang masing-masing memiliki fungsi dan peran yang berbeda. Ke 21 terowongan yang ada di bunker tersebut masing masing digunakan sebagai tempat untuk menyimpan amunisi, tempat pertemuan, tempat makan, ruang sidang, ruang penyiksaan dan beberapa ruang lainnya yang menjadi pemandangan unik untuk disaksikan.

Bunker atau terowongan yang mempunyai diameter tiga meter tersebut dirancang dengan dinding yang sangat tebal sehingga suara dari luar sama sekali tidak dapat terdengar. Bunker atau terowongan Jepang di Sumatera Barat tersebut memiliki luas mencapai dua hektar yang dilengkapi dengan enam pintu salah satunya terdapat di Taman Panorama sedangkan sisanya menuju ke arah Ngarai Sianok. Dahulu Bunker Jepang tersebut memang sangat gelap dan udara terasa begitu dingin tetapi saat ini bunker yang memiliki nilai sejarah tersebut telah dilengkapi dengan ventilasi dan lampu sehingga sedikit lebih nyaman. Pastinya mengunjungi Bunker Jepang di Sumatera Barat akan menjadi satu pengalaman wisata berbeda yang pernah dialami.

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Memberikan informasi seputar wisata dalam negeri maupun luar negeri. dengan dukungan gambar, sehingga jelas dan bermanfaat bagi anda yang ingin mengunjungi tempat tertentu., semoga liburan dan wisata anda menyenangkan