Tradisi Munggahan Di Pelabuhan Ratu

Munggahan merupakan tradisi yang sangat kental bagi umat muslim di daerah pulau Jawa. Tradisi mungghan merupakan sebuah acara keluarga dalam menyambut datangnya bulan penuh berkah yaitu bulan suci Ramadhan. Munggahan ini biasanya dilaksanakan beberapa hari menjelang awal Ramadhan. Adapun acaranya yaitu berkumpul keluarga dan makan-makan, ada juga yang mengunjungi tempat wisata dan bersantap hidangan dengan keluarga.

Beberapa tempat rekreasi selalu dipenuhi oleh para wisatawan pada saat munggahan tiba. Dan salah satu tempat wisata keluarga yang selalu ramai dikunjungi saat munggahan adalah objek wisata Pantai Pelabuhan Ratu yang lokasinya berada di kebupaten Sukabumi Jawa Barat. Posisinya sekitar 60 km dari kota Sukabumi ka arah Selatan. Pantai Pelabuhan Ratu memang sebuah objek wisata yang sangat menarik dan tepat untuk berkumpul dan bergembira ria bersama keluarga. Selain pantainya yang indah juga di Pelabuhan Ratu juga tersedia penginapan-penginapan dari yang biasa sampai berkelas.

Pantai Pelabuhan Ratu memiliki ombak yang kuat juga karang yang terjal, oleh karenanya jika hendak bermain air haruslah sangat hati-hati. Pantainya yang curam dan landai membuat pantai ini banyak memakan korban jiwa. Akan tetapi anda tak perlu khawatir karena dimanapun tempatnya jika kita hati-hati maka kita akan selamat.

Pantai Pelabuhan Ratu ini sangat populer akan mitos yang berkembang di masyarakat sekitar. Mitos adanya Ratu penguasa pantai Selatan Nyi Roro Kidul seakan menjadi sosok yang begitu kuat dan melekat pada kepercayaan masyarakat. Mitos tersebut diperkuat dengan adanya sebuah ruangan khusus di beberapa hotel berkelas yang terdapat disana. sebuah kamar yang khusus untuk Nyi Roro kidul.

Para wisatawan asing sengaja datang ke pantai Pelabuhan Ratu untuk sekedar menaklukkan ganasnya ombak pantai Selatan yang memiliki jenis ombak yang cukup besar untuk berselancar karena berhadpan langsung dengan Samudera Hindia. Selain itu, di Pelabuhan Ratu ini juga terdapat adanya pelestarian hewan langka yaitu penyu. Pantai Pelabuhan Ratu dijadikan sarang sebagai tempat bertelur dan berkembang biak bagi hewan langka Penyu. Akan tetapi, masyarakat sekitar masih ada yang menangkap penyu dan menjadikan dagingnya sebagai makanan. Selain itu kulitnya serta tempurungnya dijadikan hiasan yang dijual dengan harga yang lumayan. Oleh sebab itu diperlukan adanya kesadaran dari masyarakat dan sekitar untuk melindungi hewan yang hampir punah tersebut.

Tags: ,

Sorry, the comment form is closed at this time.

Memberikan informasi seputar wisata dalam negeri maupun luar negeri. dengan dukungan gambar, sehingga jelas dan bermanfaat bagi anda yang ingin mengunjungi tempat tertentu., semoga liburan dan wisata anda menyenangkan