Tips Memilih Pasar Bisnis Online Sesuai Niche Market

Tips Memilih Pasar Bisnis Online Sesuai Niche Market

Bagi Anda yang sedang menjalankan bisnis online, ada baiknya agar memilih niche market atau pasar dengan kebutuhan khusus dibandingkan dengan mass market atau pasar yang luas. Mengapa? Apakah lebih menguntungkan? Untuk jawaban atas pertanyaan tersebut, silakan simak ulasannya berikut ini.

Sebagian dari Anda mungkin masih asing dengan istilah niche market. Menurut KBBI, niche market adalah pasar dengan jumlah peminat yang terbatas serta memiliki kebutuhan khusus. Ada contohnya? Tentu saja ada. Coba Anda cermati baik-baik. Jika ada suatu mass market jasa fotograsi, maka niche market-nya adalah jasa fotografi khusus untuk ibu hamil atau maternity pregnancy photography.

Mengapa harus niche market? Jawabannya cukup sederhana, karena Anda tidak mungkin membuat sebuah produk yang dapat melayani semua orang, sehingga sudah sewajarnya apabila Anda menawarkan layanan kepada orang yang benar-benar membutuhkan. Melalui niche market, Anda tentu dapat menyelesaikan permasalahan orang-orang berkebutuhan khusus seperti itu.

Kenali Pasar Sebelum Menawarkan

Ada baiknya, Anda benar-benar mengenal siapa saja pembeli produk Anda tersebut. Tawarkan produk yang memang sudah ada pasarnya dan tujuannya jelas untuk meningkatkn peluang kesuksesan bisnis Anda itu tentunya. Meskipun tak sedikit orang yang berpikir sebaliknya, yaitu dengan cara membuat produk terlebih dahulu kemudian berusaha membujuk orang untuk membelinya.

Pada dasarnya, cara kedua itu tidaklah salah karena tidak semua orang tahu apa yang mereka butuhkan. Contohnya seperti ini, pada zaman sebelum adanya mobil, ketika semua orang menggunakan kuda untuk kebutuhan transportasinya, kira-kira apa yang mereka butuhkan? Dapat dipastikan bahwa sebagian besar dari mereka akan menjawab bahwa mereka butuh kuda yang sehat, larinya cepat dan tangkas. Tetapi, Henry Ford justru menciptakan inovasi dengan menciptakan mesin dan merintis industri mobil. Sungguh, tak ada salahnya memberi ruang baru dalam berbisnis. Tetapi, cara pertama yang telah disebutkan di atas merupakan cara yang paling efisien karena kebutuhannya sudah ada, para calon pembeli pun sudah tahu produk apa yang mereka butuhkan.

Demikian sekilas tips memilih pasar bisnis online sesuai niche market yang tentu saja dapat Anda terapkan untuk mengembangkan dan meningkatkan omzet bisnis yang tengah Anda tekuni. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Memberikan informasi seputar wisata dalam negeri maupun luar negeri. dengan dukungan gambar, sehingga jelas dan bermanfaat bagi anda yang ingin mengunjungi tempat tertentu., semoga liburan dan wisata anda menyenangkan