Tempat Wisata Menarik Di Jakarta

0
739

Jakarta sebagai kota metropolitan ternyata terdapat beberapa museum. Museum sebagai bagian dari sejarah sekaligus tempat wisata Jakarta tersebar hampir di seluruh bagian kota. Ada beberapa museum yang layak untuk dikunjungi karena selain bisa menjadi tempat rekreasi sekaligus bisa menambah pengetahuan kita tentang sejarah yang terjadi. Berikut beberapa museum yang bisa anda kunjungi di Jakarta.

Yang pertama dan sangat terkenal sebagai tempat wisata di Jakarta adalah Museum Nasional atau Tugu Nasional tapi lebih dikenal dengan sebutan Monas. Tugu peringatan yang terletak di Jakarta Pusat ini dibuat untuk memperingati perlawanan rakyat Indonesia terhadap penjajah kolonial Belanda. Tugu setinggi 132 meter ini dibuka untuk umum pada tanggal 12 Juli 1975 ini setelah kurang lebih sekama 14 tahun dibangun. Di dalam Tugu Monas terdapat diorama tentang perjuangan kemerdekaan Indonesia. Tugu peringatan ini terletak di lapang Medan Merdeka, Jakarta Pusat dibuka untuk umum setiap hari mulai pukul 08.00- 15.00.

Yang kedua Museum Arsip Nasional. Museum yang terletak di Jakarta Barat ini tepatnya di Jl. Gajah Mada No.111 ini dibangun pada abad 18. Gedung ini dimiliki oleh mantan Gubernur VOC yaitu Reiner de Klerk. Sampai tahun 1925 Departemen Pertambangan menggunakan gedung ini sebagai kantornya. Setelah itu bangunan ini dijadikan juga sebagai gedung arsip oleh pemerintah kolonial Hindia Belanda dan akhirnya diresmikan menjadi Gedung Arsip Nasional oleh pemerintah Republik Indonesia.

Yang ketiga Museum Satria Mandala. Museum ini didedikasikan bagi perjuangan Tentara Nasional Indonesia. Pada awalnya gedung ini merupakan tempat tinggal dari mantan istri Presiden Pertama RI yaitu Ratna Sari Dewi Soekarno yang kemudian diresmikan oleh Presiden Soeharto  sebagai Museum Satria Mandala pada tahun 1972. Di tempat ini dipamerkan tandu yang digunakan oleh Jenderal Sudirman dalam masa perjuangan pada tahun 40an selama beliau sakit. Selain itu koleksi senjata mulai dari  senjata tempo dulu sampai senjata modern mulai dari senjata berat, ranjau, torpedo juga dipamerkan di sana.
Itulah beberapa tempat wisata Jakarta yang harus dikunjungi jika pergi ke Jakarta.