Tapak Siring Bali

Tapak Siring atau Tirta Empu merupakan salah satu tempat wisata yang berada di Bali, tepatnya terletak di Desa Manukaya, Tapaksiring, Gianyar. Namun para wisatawan lebih mengenalnya dengan Tapak Siring. Di kawasan ini ada sebuah Istana Kepresidenan yang berada di atas sebelah kiri dari pemandian tepatnya di Desa Tapaksiring, Kec. Tapaksiring, Kab. Gianyar.

tapak siring pura tirta empul

Istana ini dibangun setelah Indonesia Merdeka, meski begitu tempat ini masih terjaga dan terawat sangat baik. Sedangkan untuk kelima istana lainnya dibangun saat kolonialisme Belanda, dengan lokasi yang sangat strategis, jika dari Denpasar searah dengan arak ke Kintamani.

TAPAK SIRING

Tirta Empul sendiri merupakan situs peninggalan sejarah, dan sampai saat ini situs ini terus berkembang. Selain itu para wisatawan yang berkunjung ke tempat ini bisa menyegarkan diri dengan mandi di air Taman Tirta Tapaksiring. Jika anda menyegarkan diri di kola mini, anda bisa sekaligus mensucikan diri anda menurut warga sekitar. Tempat pemandian ini dijadikan sebagai tempat melukat bagi warga Hindu, yang bertujuan untuk membersihkan jasmani dan rohani. Jika para pengunjung percaya dengan kekuatan magis di tempat ini, wisatawan bisa juga mengikuti ritual dengan mandi pada siraman-siraman pancuran yang mengalir ke sebuah kolam dengan menggunakan baju adat Bali.

tapak siring mandi

Pada saat bulan Penuh atau Purnama, Tapaksiring akan penuh pada saat hari suci keagamaan Hindu terutama di area pemandiannya. Tirta Empul sendiri mempunyai mithologi unik yang sampai sekarang masih dipercaya oleh penduduk setempat. Cerita ini berawal dari Raja Bali yang lalim bernama Maya Denawa. Raja tersebut membuat rakyatnya menjadi resah sampai sengsara, dan dengan kejadian ini membuat Dewa Khayangan prihatin, dan kemudian mengirim pasukannya yang dipimpin oleh Dewa Indra. Maya Denawa sendiri tidak bisa dianggap remeh, raja ini memiliki kesaktian dan juha kelicikan dengan membuat sungai yang mengalir dan beracun sehingga membuat pasukan Dewa menjadi keracunan. Dengan kesaktian Dewa Indra, dia menancapkan tongkatnya kemudianmuncul air yang berguna untuk menyembuhkan para pasukannya yang keracunan, dan hasilnya semua pasukan tersebut menjadi sehat kembalai, air tersebut kini diberi nama dengan Tirta Empul. Dan akhirnya Maya Denawa bisa dimusnahka.

Wisata sejarah sangatlah banyak manfaatnya, selain berwisata alam, kita juga bisa mengetahui sejarah suatu tempat sehingga pengetahuan kita menjadi bertambah. Jadi tempat ini sangatlah cocok untuk mengisi liburan anda, dengan berwisata sekaligus pendidikan.

Tags: ,

Sorry, the comment form is closed at this time.

Memberikan informasi seputar wisata dalam negeri maupun luar negeri. dengan dukungan gambar, sehingga jelas dan bermanfaat bagi anda yang ingin mengunjungi tempat tertentu., semoga liburan dan wisata anda menyenangkan