TamanNasional Lore Lindu: Salah Satu Taman Nasional Terlengkap di Pulau Sulawesi

0
593

Para pecinta alam pasti sudah tidak asing lagi dengan satu tempat dengan sajian keindahan suasana alam yang begitu mempesona yaitu Taman Nasional Lore Lindu yang terletak di Pulau Sulawesi. Taman nasional yang sangat layak dijlajahi tersebut tepatnya terletak di dua wilayah kabupaten yang berbeda yakni Kabupaten Donggala dan Kabupaten Pos di Sulawesi Tengah. Taman Nasional Lore Lindu merupakan tempat berdiamnya flora dan fauna endemik Sulawesi yang sudah terbilang langka dan sangat memikat perhatian. Luas taman nasional di Pulau Sulawesi tersebut kurang lebih sekitar 231.000 hektare dan merupakan salah satu taman dengan jumlah koleksi yang terbilang lengkap.

Mengunjungi Taman Nasional Lore Lindu, para pengunjung akan disajikan dengan keindahan alam yang begitu tergambar sempurna. Para pengunjung dapat menikmati keindahan alam danau, pegunungan, hutan dan rawa yang berpadu begitu indah dan menciptakan keindahan yang sungguh menakjubkan. Pengunjung pun dapat pula singgah ke sebuah danau yang bernama Danau Lindudi yang terletak di kaki Gunung Nokilalaki yang menawarkan kesan petualangan berwisata yang sangat berbeda. Taman nasional yang menjadi primadona di Pulau Sulawesi tersebut sudah terlengkapi dengan beberapa fasilitas untuk menunjang kepentingan para pengunjung yang datang untuk menikmati keindahan suasana taman. Beberapa fasilitas tersebut seperti camping ground, shelter, pondok jaga, pusat informasi, wisma tamu, dan lain sebagainya.

Taman nasional dengan berbagai keindahan alam yang terasa lengkap tersebut juga mempunyai berbagai ekosistem hutan yang berbeda satu dengan yang lainnya. Ekosistem yang berbeda tersebut diantaranya ekosistem hutan pamah tropika, ekosisten hutan pegunungan, ekosistem pegunungan bawah serta ekosistem dengan yang didiami oleh berbagai spesies atau jenis yang berbeda-beda. daratan tertinggi di kawasan Taman Nasional Lore Lindu berada di ketinggian 2.600 meter yang terletak di Gunung Rorekatimbu. Suhu di taman nasional tersebut berkisar antara 22 – 340C dan memiliki kelembaban udara sekitar 86% dan tergolong suhu yang sangat bersahabat.

Taman Nasional Lore Lindu juga menjadi rumah yang nyaman bagi 117 jenis mamalia, 29 jenis reptilia, 88 jnis burung, dan juga 19 jenis spesies amfibi. Dari jumlah spesies yang tergolong banyak tersebut 50% diantaranya merupakan spesies endemik PulauSulawesi. Tempat yang masih begitu kental dengan suasana alamnya tersebut tak hanya didiami oleh berbagai jenis flora dan fauna yang begitu menarik namun juga menjadi tempat tinggal beberapa suku lokal Kaili diantaranya seperti Kaili Ija, Kaili Ledo, Kaili Ado, Kaili Tohulu, Kaili Moma,dan Kaili Da’a. Suku suku yang berdiam di sekitar taman nasional tersebut merupakan keturunan Suku Ash. Bagi para pengunjung yang tertarik mengunjungi Taman Nasional Lore Lindu, kawasan wisata alam tersebut sudah dapat anda tempuh dengan menggunakan kendaraan roda empat dan anda pastinya akan merasakan petualangan yang sangat berbeda saat tiba di taman nasional tersebut.