Taman Nasional Cenderawasih, Surganya Bagi Pecinta Wisata Bahari

0
460

Taman Nasional Cenderawasih adalah sebuah taman yang terletak di Pulau Papua yang telah diresmikan pada tahun 1993. Taman dengan keindahan alam yang sudah tidak diragukan tersebut terbentang dari timur Semenanjung Kwatisore sampai Pulau Rumberpon. Luas Taman Nasional Cenderawasih mencapai 1.453.500 hektare yang mencakup luas lautan sekitar 89,8%. Taman nasional dengan sejuta pesona keindahan tersebut merupakan sebuah teluk yang dikelilingi beberapa pulau diantaranya yaitu Pulau Biak, Pulau Yapen, dan Pulau Papua yang menjadi daratan utamanya.

Taman Nasional Cenderawasih dianggap sebagai surga tempat tumbuh dan hidupnya berbagai jenis tumbuhan serta hewan yang hidup didarat maupun dilautan. Terdapat sekitar 14 jenis flora yang di naungi di Taman Nasional Cenderawasih yang sebagian besar didominasi oleh pohon kasuarina. Pemandangan alam yang tersaji di taman nasional tersebut terasa begitu sempurna dan sangat lengkap. Para pengunjung yang datang ke tempat menarik ini dapat melihat pemandangan ikan hiu paus yang menjadi daya tarik utama saat mengunjungi taman nasional tersebut. Garis pantai kawasan taman nasional membentang sekitar 500 kilometer yang dihuni oleh beragam satwa laut seperti kura-kura, penyu, remis raksasa, lumba-lumba, hiu, dan juga dugong.

Kawasan Taman Nasional Cenderawasih menurut wilayah administratif terletak di dua kabupaten yaitu Kabupaten Nabire yang termasuk ke dalam wilayah Provinsi Papua dan Kabupaten Teluk wondama yang termasuk wilayah Provinsi Papua Barat. Kawasan taman nasional tersebut dianugerahi dengan kekayaan flora dan fauna yang begitu berlimpah dikarenakan letaknya yang berada di tepi Samudera Pasifik dan termasuk ke dalam daerah lempengan benua. Taman Nasional Cenderawih merupakan sebuah tempat hasil karya Tuhan yang terlukis begitu sempurna dan memancarkan pesona keindahan yang tak akan pernah luntur oleh waktu.

Keindahan bawah laut kawasan taman nasional di Pulau Papua, merupakan habitat dari berbagai macam spesies biota laut. Berbagai macam spesies biota laut tersebut diantaranya 196 jenis moluska, 209 jenis ikan, termasuk juga ikan paus dan lumba-lumba. Terdapat juga empat jenis penyu yang dilindungi di kawasan taman nasional yaitu penyu hijau, penyu sisik, penyu belimbing, dan juga penyu lekang. Perairan Teluk Cenderawasih juga menjadi pusat penelitian hiu paus atau whale shark di dunia dan menjadi kawasan konservasi laut terbesar di Indonesia. Keindahan yang terpancar dan tersaji di Taman Nasional Teluk Cenderawasih benar-benar terasa seperti di surga apalagi bagi mereka para pecinta wisata bahari dan penjelajah bawah laut.