Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, Tempat Rekreasi Sekaligus Tempat Belajar

0
1475

Taman Mini Indonesia Indah atau sering disingkat dengan nama TMII, merupakan tempat rekreasi yang bertemakan Kebudayaan Indonesia dan terletak di Jakarta Timur. Sebenarnya banyak tempat wisata yang populer di Kota Jakarta, namun yang menjadikan Taman Mini Indonesia Indah ini menjadi tempat wisata yang sangat populer karena, banyaknya sarana seperti danau yang berada di tengah-tengah TMII yang menggambarkan miniatur Kepulauan Indonesia, Kawasan Seta yang meliputi aneka busana, tarian dan juga tradisi daerah. Bisa dibilang TMII merupakan rangkuman berbagai aspek kehidupan masyarakat Indonesia dari 26 Provinsi tahun 1975.

TMII terbagi menjadi beberapa bagian seperti “Anjungan Daerah” yang merupakan berbagai bangunan atau arsitektur dari berbagai daerah di Indonesia. Ada juga Bangunan Keagamaan seperti Masjid, Gereja, Pura, Wihara, Sasana dan Kuil yang dari semua bangunan keagamaam tersebut merupakan tempat ibadah yang diakui di Indonesia dan hal ini menunjukan kerukunan dan keselarasan antar umat beragama di Indonesia.

Selain itu banyak juga tempat rekreasi hiburan yang sangat menyenangkan seperti Istana Anak-Anak Indonesia, Perahu Angsa Arsipel Indonesia, Kereta Gantung, Taman Among Putro, Desa Wisata, Taman Ria Atmaja, Kolam Renang Snowbey. Tempat nonton film dan pagelaran kesenian seperti Teater IMEX, Teater 4D, Teater Tanah Airku. Berbagai taman yang cantik dan indah seperti Taman Anggrek, Taman Kaktus, Taman Apotek Hidup, Taman Melati, Akuarium Ikan Air Tawar, Taman Bunga Keng Mas, Taman Burung, Taman Bakisar, Taman Budaya dan Taman Ria Atmaja Park.

Selain wisata permainan, ada juga wisata pembelajaran seperti berbagai macam museum yang tersedia di tempat ini seperti Museum Indonesia, Museum Transportasi, Museum Pusaka, Museum Telekomunikasi, Museum Asmat, Museum Penerangan, Museum Olahraga, Museum Serangga, Museum Satwa Indonesia Komodo dan Reptil, Museum Keprajuritan, Museum Perangko, Museum Minyak dan Gas Bumi, Museum Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dan Museum Timor Leste.

Jika anda ingin mengelilingi Indonesia, maka alternatif yang baik adalah dengan mengunjungi TMII tersebut. Mungkin memang tidak secara langsung, namun cukup jelas jika hanya ingin sekedar mengetahui segala Macam Kebudayaan yang ada di Indonesia. Selain kita bermain juga kita akan mendapatkan pengetahuan tambahan tentang Indonesia.