Situs Gunung Padang, Wisata Sejarah Menelusuri Sisa Peradaban Masa Lalu

0
783

Tempat wisata di Jawa Barat memang tergolong banyak dan memilki keunikan dan ciri khas yang kuat yang membedakannya dengan tempat wisata lainnya. Tempat wisata di Jawa Barat banyak yang menjadi tempat wisata favorit keluarga yang berasal dari luar Jawa Barat. Keindahan dari tempat wisata yang ditawarkan begitu memukau dan sulit untuk dapat hilang dari ingatan. Sepatutnya warga Jawa Barat harus bangga atas karunia dan anugerah kaeindahan dan potensi alam yang beagitu indah dan melimpah.

Satu tempat wisata yang begitu memilki nilai sejarah tinggi adalah situs Megalitikum Gunung Padang yang berada di Cianjur, Jawa Barat. Situs Gunung Padang ini merupkan situs megalith terbesar se-Asia Tenggara. Disitus Gunung Padang ini pengunjung dapat menjumpai banyak menhir yang terbuat dari batu andesit dan berbentuk seperti tiang yang memanjang. Di puncaknya juga pengunjung dapat menemukan bangunan punden berundak dengan lima tingkat atau teras yang mana jika pengunjung memperhatikannya dengan detail dimana bentuk pundaean berundak tersebut semakin ke atas jarak antara kedua puncaknya semakin kecil. Pengunjung dapat melihat dua jenis susunan batu pada puncak pertama yaitu batu yang tersusun secara tegak dan roboh. Menurut informasi batuan yang tersusun tegak tersebut melambangkan laki-laki dan yang roboh melambangkan perempuan.

Pengunjungpun dapat melihat hal yang unik dan menarik lainnya saat berada di Situs Gunung Padang yaitu terdapatnya batu yang apabila di tabuh akan berbunyi bunyi seperti gamelan. Di teras kedua di Situs Gunung Padang pengunjung dapat menjumpai batu duduk, batu lumbung, dan batu pandang ke Gunung Pangrango. Diteras ketiga dapat dijumpai sebuah batu yang tergores akibat cakaran maung. Dan pada teras yang keempat ada sebuah batu yang diberi nama batu gendong yang jika ada seseorang yang berhasil menggendong batu ini maka sifat kemistisan batu ini akan hilang. Sedangkan pada teras terakhir pengunjung dapat menjumpai sebuah batu pendaringan dan juga saung yang dapat pengunjung gunakan untuk melihat keindahan dan panorama Gunung Padang yang bersejarah ini.

Dari kejauhan Gunung Padang ini tak jauh berbeda dengan gunung biasanya. Namun kalau ditelisik dan dijelajahi lebih dalam lagi Situs Di Gunung Padang ini memiliki nilai seni dan sejarah yang tinggi. Pengunjung yang ingin mengunjungi Situs Gunung Padang ini cukup membayar tiket masuk sebesar Rp.2.000 saja per orang. Pengunjung saat berada di loket masuk ke Gunung Padang dapat menjumpai sebuah mata air dan mata air ini sangat dikeramatkan olen penduduk setempat. Terdapat dua tangga untuk sampai di Situs Gunung Padang yang bisa pengunjung lewati. Saat menuju ke tempat bersejarah ini, di perjalanan pengunjungpun dapat melihat panorama alam yang tersaji begitu indah dan sangat memanjakan mata.