Singgah di Kota Pangkalpinang yang Menjadi Pintu Gerbang Menikmati Kecantikan Pulau Bangka dan Belitung

0
500

Kota dengan keunikan, keindahan alam maupun seni budayannya memang dapat ditemukan dengan mudah di negeri kita Indonesia. Daya tarik yang mengundang banyak turis asing untuk datang ke Indonesia, salah satunya adalah dengan kemenarikan dan keeksotisan yang ditampilkan oleh setiap daerah atau kota yang ada di Indonesia tersebut. Bermacam kota dengan segala keunikannya tersebut bisa dipilih untuk merasakan sensasi dan kesegaran baru dalam petualangan wisata yang tentunya dapat memberikan pengalaman berwisata terindah dalam hidup kita.

Satu kota yang menjadi bagian wilayah Negara Indonesia dengan penawaran keindahan alam yang mampu memukau setiap pandangan orang yang melihatnya yaitu adalah Kota Pangakalpinang. Kota Pangkalpinang merupakan ibukota dari Provinsi Bangka Belitung yang sekaligus juga menjadi kota terbesar di Pulau Bangka. Kota yang terletak di pantai Timur Pulau Bangka tersebut selain dijadikan sebagai pusat pemerintahan, perdagangan, maupun kegiatan ekonomi kota yang dianugerahi dengan keindahan luar biasa tersebut juga berperan sebagai gerbang awal atau pintu masuk bagi para pelancong dari berbagai daerah yang ingin menjelajahi dan merasa penasaran dengan kemenewanan dan kecantikan kepulauan Bangka dan Belitung.

”Selamat datang di Serumpun Sebalai Tanah” kalimat tersebut merupakan slogan dari Provinsi Bangka Belitung yang dapat kita lihat saat kita berada di Bandara Depati Amir. Slogan tersebut menjadi bukti bahwa selain dianugreahi dengan keindahan alam yang mampu menyentuh kalbu, Provinsi Bangka Belitung juga semakin bertambah unik dan menarik dengan kehidupan masyarakatnya yang heterogen. Menelisik dari makna katanya Kota Pangkalpinang berasal dari dua kata yang berbeda yakni kata Pangkal atau Pengkal dan kata pinang.

Untuk kata Pangkal atau Pengkal, menurut bahasa melayu mempunyai arti sebagai pusat atau awal. Arti pusat disini mungkin merujuk pada fungsi atau peran Kota Pangkalpinang yakni sebagai pusat industri pertambangan timah. Sedangkan untuk kata pinang sendiri mungkin didasarkan atas daerah Pangkalpinang yang banyak ditumbuhi oleh pohon palem. Pangkalpinang yang memang terkenal dengan pertambangan timahnya dahulu memang masih sebagai kota pertambangan kecil namun saat ini perkembangannya sangat signifikan sehingga menjadi pusat komersial pulau dan berperan juga sebagai pelabuhan yang menghubungkan pulau-pulau disekitarnya.

Kita yang ingin berwisata dan ingin merasakan sensasi berwisata yang berbeda dapat mencoba untuk mengunjungi Pantai Pasir Padi yang hanya berjarak sekitar 7 kilometer dari pusat Kota Pangkalpinang. Saat anda mengunjungi pantai tersebut, anda akan dimanjakan dan dibuat terpukau dengan hamparan keindahan pantai yang dilengkapi dengan birunya air laut yang begitu jernih dan pasir putih pantai yang sungguh menawan dan memikat hati setiap orang yang melihatnya. Sungguh pemandangan alam yang luar biasa indahnya dan sama sekali tak akan pernah membuat kecewa kita yang melihatnya.

Apabila kita belum merasa puas telah menikmati keindahan Pantai Pasir Padi, kita dapat mengunjungi satu pantai lagi yang tidak kalah indahnya dari keindahan pantai sebelumnya. Pantai tersebut adalah Pantai Tanjung Bunga yang hanya berjarak 2,5 kilometer dari Pantai Pasir Padi. Pantai tersebut sungguh akan selalu memanjakan penglihatan kita dengan nuansa keindahan pantai yaang masih sangat terjaga kealamian dan keasriannya. Pantai Tanjung Bunga adalah pantai menarik yang terlihat sangat datar serta dihiasi dengan jejeran batu-batu besar yang menambahnya semakin tampak begitu cantik. Mengunjungi Kota Pangkalpinang akan menjadi kunjungan berwisata kita yang sangat sempurna.