Si Kecil Obesitas? Perhatikan Makanan-Makanan Berikut ini!

Posted on Aug 26 2015 - 7:42am by Rida tera

Ada banyak pilihan makanan sehat yang tersedia sekarang. Namun, apakah makanan-makanan itu benar-benar sehat? Faktanya, banyak makanan yang diiklankan sebagai makanan dengan bahan-bahan sehat namun pada kenyataannya malah dapat menjadikan obesitas atau kegemukan pada anak. Masalah obesitas kin tidak hanya menjadi masalah besar di negara maju, namun juga pada negara berkembang dimana makanan cepat saji sudah banyak tersedia. Berikut adalah beberapa mitos tentang makanan “sehat” yang perlu Bunda ketahui, sehingga Bunda bisa memberikan pilihan makan terbaik untuk buah hati

1. Makanan Berlabel “diet”, “organik” dan “gluten free” Adalah Pilihan Yang Sehat

Untuk memilih makanan Si Kecil, penting untuk membaca keseluruhan bahan yang digunakan terlebih dahulu, Bunda. Lihat pada bahan seperti adanya sodium (garam), pemanis buatan, nilai gizi dan juga kalori. Semua komposisi itu berperan sebagai indikator apakah makanan itu sehat atau tidak.

Sebagai contoh, sodium bisa menyebabkan tekanan darah tinggi, bahkan untuk anak-anak. Sehingga, makanan dengan kandungan sodium yang rendah sangat penting untuk anak-anak yang kelebihan berat badan (overweight) untuk menurunkan resiko penyakit jantung ketika dia dewasa. Bunda juga harus melihat pada komposisi pemanis buatan yang dapat menyebabkan anak ingin makan makanan itu lagi, yangmana konsekuensi mengkonsumsi itu berarti mereka menambah kalori dari yang seharusnya. Solusinya, makanan yang mengandung sedikit lebih banyak kalori mungkin menjadi pilihan yang lebih sehat jika juga menyediakan kandungan lain seperti Vitamin A, B, C, D, Zat besi dan Kalsium.

2. Jus Adalah Minuman Sehat Untuk Si Kecil

Banyak orangtua percaya bahwa karena buah adalah sehat, maka jus buah adalah begitu luar biasa juga bagi mereka. Tetapi, minuman dengan tinggi kalori dan gula dapat menyebabkan penambahan berat badan juga, Bunda. Beberapa berpendapat bahwa jus buah punya nilai nutrisi yang tinggi karena kaya akan vitamin. Namun, lebih baik untuk memberi Si Kecil dengan buah segar. Mengapa? Karena buah segar mengandung serat yangmana serat itu akan hilang dalam proses pengejusan. Kelebihan kalori pada jus juga dapat mengenyangkan anak sehingga mereka tidak ingin untuk makan makanan padat yang banyak mengandung serat, protein dan lemak sehat.

3. Sereal Adalah Cara Yang Baik Untuk Memulai Hari Si Kecil

Sereal adalah sarapan yang mudah dan enak, yang menjadi pilihan Si Kecil ketika terburu-buru berangkat sekolah. Namun, berhati-hatilah Bunda karena kebanyakan sereal mengandung gula yang lebih banyak dari standar. Glukosa yang terlalu banyak dapat memicu percepatan gula darah sama seperti peningkatan ketika mengkonsumsi kalori. Dokter Dyan Hes, direktur dari American Board of Obesity Medicine merekomendasikan untuk membaca label makanan dengan hati-hati dan mengganti sereal bergula banyak dengan opsi yang lebih sehat. Opsi yang lebih sehat bagi Si Kecil contohnya dengan memberinya sarapan buatan sendiri yang menggunakan buah dan sayuran segar, telur maupun oatmeal. Agar tidak terburu-buru, maka Bunda dapat mengajarinya untuk bangun lebih pagi sehingga punya waktu untuk sarapan secara santai.

4. Yogurt Beku Adalah Pilihan Yang Tepat

Yogurt beku mungkin adalah alternatif yang lebih sehat daripada kebanyakan es krim. Namun, itu tidak berarti merupakan pilihan yang terbaik, Bunda. Meskipun yogurt beku adalah rendah lemak, namun tetap mengandung lebih banyak kalori yang lebih dari yang dibayangkan orang-orang. Daripada menyajikan yogurt beku dengan menambahkan permen atau sirup yang dapat meningkatkan level gula, sajikan yogurt tersebut dengan buah-buahan. Buah akan memaniskan yogurt tanpa menambahkan gula yang tidak perlu.

Madu, sumber pangan alami yang dapat Bunda jadikan solusi untuk obesitas ini. Madu mengandung gula alami sehingga tidak menimbulkan efek samping bagi tubuh. Madu juga mengandung karbohidrat yang bisa menjadi sumber energi sehat meskipun dalam jumlah yang kecil. Madu juga punya beragam manfaat dari mulai menjaga daya tahan tubuh, meningkatkan daya ingat/kecerdasan dan juga obat alami untuk berbagai macam penyakit. Konsumsi madu setiap hari dapat begitu bermanfaat, Bunda.

Nah itu kenapa si kecil bisa obesitas, perhatikan terus tumbuh kembang anak bunda demi kesehatan sang buah hati.

Komentar
Bagikan yang bermanfaat :
About the Author

Leave A Response