Pulau Samosir di Danau Toba yang Elok dan Luas

0
1153

Pulau yang terletak di tengah danau? Pernahkah anda berwisata kesana? Bayangkan sebuah danau dan ditengah-tengah danau tersebut terdapat sebuah pulau sebesar Negara Singapura. Danau Toba mempunyai panjang 100 km dan lebar 30 km, sangat besar dan luas sehingga mata pun seolah tak dapat melihat ujungnya. Konon danau Toba ini terbentuk dari sebuah peristiwa letusan gunung berapi yang begitu dahsyat, gunung aktif berkekuatan super ini meletus dan menghasilkan sebuah danau yang sangat luas. Dan terdapat daratan yang disebut Pulau Samosir, danau yang sangat menyegarkan dengan pelengkap pulau Samosir tersebut membuat Anda dapat menikmati liburan yang sangat menyenangkan.

Terdapat sebuah legenda Masyarakat yang menceritakan asal usul danau toba ini, tentu saja di Indonesia selalu mempunyai kisah atau cerita rakyat yang sangat disukai oleh anak-anak. Pada dahulu kala telah diceritakan seorang petani yang sedang memancing ikan di sebuah sungai, kemudian didapatinya sebuah ikan besar berwarna emas. Sang petani pun terkejut karena ikan itu berubah menjadi sesosok wanita cantik. Singkat cerita mereka pun menjadi pasangan suami istri dan dikaruniai seorang anak laki-laki. Pada saat anak itu menginjak usia belasan, sifat yang dimiliki anak tersebut sangat buruk. Tidak menuruti kata-kata orang tuanya. Sedangkan kesabaran seorang ayah pun harus teruji, sang istri selalu meredamkan amarahnya. Tetapi suatu ketika anak itu disuruh mengantarkan makanan untuk ayahnya di ladang, menit demi menit bahkan berjam-jam anak itu tidak kunjung datang. Petani dengan susah payah bekerja keras menunggu makan yang tak kunjung datang dan saat itu pula langsung pulang. Ternyata anaknya sedang bermain, begitu marahnya sehingga ia mengeluarkan kata-kata terlarang antara ia dan istrinya dahulu. Perjanjian pun telah dilanggar sehingga petaka pun muncul berupa semburan air yang deras dari bawah tanah dan terus meninggi sehingga membentuk Danau Toba yang luas dan indah.

Terletak di Sumatera Utara yang menjadikan daya tarik yang begitu hebat dari sebuah danau yang diklaim sebagai salah satu danau terbesar se-Asia Tenggara ini.