PLITVICE LAKES NATIONAL PARK WISATA ALAM YANG MENAKJUBKAN DI KROASIA

0
947

Mendengar kata taman tentu saja tebayang adalah rumput yang luas dengan aksesoris kursi taman dan jug lampu-lampu tiang yang kecil dihiasi pohon dan bunga-bunga. Tapi tidak untuk Taman Nasional yang namanya Plitvice Lakes National Park di Kroasia. Taman tertua di Eropa bagian tenggara ini merupakan taman terbesar dan terluas di negara Kroasia. Terletak di daerah pegunungan Karts didaerah perbatasan antara Bosnia dan Herzegovina. Pada tahun 1949 Plitvice Lakes National Park ditetapkan sebagai taman nasional.

Tecatat dengan lahan seluas 297 Km2, taman yang sangat luas ini menyuguhkan pemandangan alam yang begitu menakjubkan para pengunjung yang berwisata kesana. Dengan 16 danau dan air terjun sebagai penghubungnya itu, juga letaknya berada ditengah-tengah pegunungan.Dipisahkan juga oleh sebuah bendungan yang alami dari Travertine, terbentuk oleh ganggang,lumut, danbakteri.Danau yang warna airnya berwarna biru bening dan ada juga yang hijau jernih sampai ke abu-abuan menjadi ciri khas.Warna tersebut bisa tergantung jumlah organisme atau mineral dalam air dan dari sinar matahari yang menerangi air. Taman nasional ini merupakan habitat endemik spesies yang berbeda-beda. Spesies yang ditemukan disana adalah 100% tidak terjamah oleh manusia dan juga selalu terjaga kelestariannya. Tempat ini terbentuk karena sebuah proses depresi antara gunung-gunung yang berdekatan yaitu gunung Kepela dan gunung Pljesevica. Dan lokasinya berada disebuah perbatasan antara Lika-Senj County dan Karlov County. Dan terdapat kota-kota yang berdekatan dengan tempat wisata tersebut.

Ke-16 danau yang terdapat disana dibagi kedalam dua lokasi yaitu Gonja jezera yang terdapat 12 danau dibagian atas lokasi dan juga Donja jezera 4 danau dibagian bawah. Secara keseluruhan untuk daerah air ialah seluas 2 Km2, terdapat danau terbesar yaitu Proscansko Jezeri dan Kosjak yang 80% nya bagian dari area wisata dan dapat mencapai kedalam air sedalam 37 sampai 47 meter. Keindahan luas danau tersebut di bumbui dengan danau kecil lainnya yang tak kalah menakjubkan.

Jika saja Indonesia mempunyai taman nasional yang indah dan seluas itu tentu akan semakin banyak menarik perhatian para wisatawan asing dan lokal.