Petualangan Menjelajahi Sungai Musi Daya Tarik Kota Palembang

0
815

Sungai Musi merupakan sungai terpanjang di Pulau Sumatera dengan panjang sungainya mencapai 750 kilometer. Sungai ini menjadi salah satu sungai unik dan menarik dan tidak salah menjadi salah satu tujuan untuk berwisata mengisi waktu senggang dan santai.

Saat berkunjung ke Kota Palembang wajib kita untuk mengikuti tur Sungai Musi untuk lebih mengetahui lebih lengkap sejarah Kota Palembang. Ketika kita melakukan tur Sungai Musi kita akan melihat tempat-tempat yang sangat menarik seperti Pulau Kemarau dan juga tempat ibadah klenteng. Kitapun juga bisa melihat perahu-perahu motor di sekitar Sungai Musi ini yang mengangkut para penumpang yang ingin menyeberang karena memang masyarakat menggunakan sungai ini untuk kegiatan transportasi.

Sungai Musi ini juga menjadi sungai yang menjadi saksi peradaban Kerajaan Sriwijaya yang masyhur dan besar tersebut. Namun dibalik sejarah kehidupan dan peradaban yang besar tersebut Sungai Musi tetap mencerminkan kesederhanaan dari masa ke masa dengan sumber air yang selalu mengalir dari anak-anak sungai besar yang berjumlah sembilan. Perjananan wisata ini ke Sungai Musi ini juga semakin tambah mengesankan dengan pemandangan Jembatan Ampera yang sudah melegenda dan sudah menjadi landmark bagi Kota Palembang sendiri.

Sungai Musi ini membagi Kota Palembang menjadi dua bagian yaitu Sebrang Ilir di sebelah utara dan Seberang Ulu di sebelah selatannya. Bagi masyarakat Palembang sendiri Sungai Musi menjadi tempat perekonomian dan gantungan hidup masyarakat. Tempat rekreasi banyak terdapat di tepian Sungai Musi ini seperti restoran, cafe, tempat duduk-duduk membuat suasana liburan akan terasa sangat menyenangkan. Air sungai ini yang bergelombang seolah dapat menjadi penyegar jiwa yang tertutup kejenuhan.

Tempatnya yang semakin cepat berkembang apalagi setelah digelarnya even-even olahraga yang bergengsi membuat banyak sekali kegitan yang menarik dan mengasyikan yang bisa kita lakukan di sini. Salah satunya jika ingin berkeliling menyusuri sungai menawan ini kita bisa menyewa perahu motor yang bisa disewa di bawah jembatan Ampera. Tinggal kita pilih jenis perahu motor sesuai dengan keinginan kita apa mau menggunakan ketek, speed boat atau kapal kecil. Harga sewanya berkisar antara Rp.20.000 – Rp.100.000.

Sudah banyak terdapat fasilitas hotel yang tersedia di sekitar Sungai Musi sehinnga bagi kita yang ingin berlama-lama di Kota Palembang akan tetap merasa nyaman. wisata kuliner di sekitar kawasan Sungai Musipun terasa asyik karena banyak restoran yang menghidangkan dan menawarkan aneka menu makanan yang enak-enak. Akses jalan menuju Sungai Musi pun sangat mudah dirasa karena banyak pilihan kendaraan yang bisa kita gunakan untuk sampai di tempat wisata Sungai Musi ini. Jarak tempat wisata inipun dari bandara cukup dekat hanya sekitar 6 kilometer. Kita pasti tidak akan pernah menyesal telah singgah dan berwisata ke Sungai Musi di Kota Palembang ini karena hanya kepuasan yang akan kita rasakan.