Perjalanan Janin Selama 9 Bulan Dalam Kandungan

0
10

Janin akan mengalami masa tumbuh kembang di dalam kandungan selama 9 bulan lebih beberapa hari. Perjalanan ini merupakan perjalanan panjang dari bentuk embrio hingga akhirnya menjadi bayi yang dilahirkan ke dunia. Berikut prenagen.com merangkumkan perjalanan calon sang buah hati untuk anda:

prenagen.com
prenagen.com
  •  Trimester Pertama (1 – 3 bulan masa kehamilan)

Fase pertama yang akan dijalani calon jabang bayi setelah sel telur dibuahi oleh sel sperma dinamakan embrio. Embrio sejak saat pembuahan akan terus berkembang hingga minggu kedelapan masa kehamilan.  

Pada bulan pertama kehamilan, embrio hanya berukuran sebesar kacang polong. Beberapa organ seperti jantung dan paru-paru mulai berkembang, kemudian diikuti dengan mulai terbentuknya lengan, kaki, sumsum tulang belakang, otak hingga sistem saraf. 

Pada bulan berikutnya, ukuran embrio mulai meningkat. Beberapa bagian tubuh mulai terbentuk pada bulan ini. Pergelangan kaki, pergelangan tangan, jemari dan kelopak mata mulai tampak hingga beberapa tulang dan alat kelamin mulai berkembang.

Pada minggu kedelapan, embrio tumbuh menjadi janin. Pada saat inilah, jaringan otot dan tulang hingga tunas gigi mulai tumbuh. Organ dalam seperti usus mulai terbentuk dan janin sudah terlapisi oleh kulit yang sangat tipis.

Pada fase ini, baik embrio maupun janin masih sangatlah lemah dan rapuh kondisinya. Jadi, sangat disarankan untuk menjaga kesehatan, gaya hidup dan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh ibu hamil karena pada fase ini persentase keguguran dan resiko kecacatan sangat besar. 

  •  Trimester kedua (4 – 6 bulan masa kehamilan)

Pada awal trimester kedua, janin akan tumbuh semakin besar. Anda juga dapat mengetahui jenis kelamin buah hati anda melalui pemeriksaan USG pada trimester ini, karena jenis kelamin sudah terbentuk. Bulu, alis mata serta leher juga sudah mulai terbentuk. Jaringan kulit sudah mulai berkembang walaupun masih nampak seperti kerutan. 

Pada fase ini tangan dan kaki janin dapat ditekuk. Organ dalam seperti ginjal sudah dapat berfungsi dan dapat menghasilkan urin. Penelitian terbaru mengungkapkan bahwa pada fase ini janin sudah dapat mendengarkan hingga menelan.

Memasuki bulan kelima, janin akan semakin aktif bergerak. Anda dapat merasakan tendangan cinta dari calon buah hati anda. Janin juga melakukan aktivitas lainnya seperti tidur dan terbangun dalam siklus yang teratur. 

Pada akhir fase trimester kedua, rambut mulai nampak dan mata mulai terbuka. Organ dalam seperti paru-paru hingga otak mulai terbentuk dan telah bekerja walau tidak sepenuhnya optimal.

  •  Trimester ketiga (7 – 9 bulan masa kehamilan)

Pada awal fase trimester ketiga, janin akan semakin sering aktif. Sang buah hati akan lebih sering menendang dan melakukan peregangan tubuh. Peneliti mengungkapkan bahwa pada fase ini, janin sudah dapat merespon suara dan berkedip serta merespon cahaya. 

Pada bulan ke delapan, janin mulai berkembang sangat pesat. Organ dalam sang buah hati mulai sepenuhnya terbentuk. Secara fisik, berat janin bertambah dengan pesat, beberapa tulang mulai mengeras dan memadat walaupun tulang tengkorak masih lunak. Namun hal ini menguntungkan untuk janin karena dengan masih lunaknya tulang tengkorak menjadikan volume otak masih dapat bertumbuh dan berkembang.

Pada akhir trimester ketiga atau pada bulan ke sembilan merupakan waktu untuk sang buah hati mempersiapkan dirinya. Perlahan namun pasti posisi janin beralih dengan memposisikan kepala di bawah, di panggul anda untuk bersiap terlahir di dunia.

Dengan mengetahui perjalanan panjang calon buah hati anda dari sesudah masa pembuahan hingga terlahir ke dunia, anda dapat mempersiapkan dengan matang apa saja yang harus disiapkan. Yang paling penting, berkonsultasi kepada dokter kandungan sangat disarankan agar kesehatan janin dan ibu hamil bisa terus terpantau. Dan jangan lupa persiapkan kondisi dan nutrisi saat sedang hamil. Informasi mengenai nutrisi bisa anda dapatkan di prenagen.com.