Pantai Payangan, Pantai dengan Pasir Hitamnya yang Eksotik

0
983

Wisata pantai biasanya diidentikan dengan pasir putih yang mempesona, tapi bukan berarti pantai yang memiliki pasir yang berwarna hitam tidak menarik sama sekali. Justru sebuah pantai yang memiliki pasir hitam malah lebih eksotik dan menarik untuk dikunjungi. Di Kabupaten Jepara ada sebuah pantai yang memiliki pasir hitam yang bernama Pantai Payangan.

Pantai payangan terletak di Des. Payangan, Kec. Ambulu, Kab. Jember, Jawa Timur. Di pantai ini Pada pagi hari anda bisa melihat para nelayan yang pulang melaut, memang kawasan ini merupakan kawasan nelayan yang masih relatif sepi. Selain melihat aktifitas nelayan, ikan hasil tangkapannya itu bisa anda beli langsung .

Pantai Payangan yang memiliki pasir hitam ini sangat cocok untuk dijadikan tempat untuk berjemur di bawah sinar matahari. Hamparan pasir hitam yang dihiasi dengan tumbuhan khas pantai di pinggir pantainnya membuat suasana tempat ini menjadi semakin eksotik. Ombak di pantai ini relatif sedang, bagi anda yang ingin bercengkrama dengan air laut pantai ini anda bisa berenang dipantai ini.

Selain hamparan pasir hitamnya yang eksotik dan ombaknya yang sedang, pantai ini juga dikelilingi oleh bukit batu yang berwarna hijau karena ditumbuhi pepohonan dan rerumputan. Jika anda ingin menikmati matahari terbit (sunrise) atau matahari terbenam (sunset) yang sangat indah, maka pantai inilah yang tepat untuk dijadikan lokasi tersebut. Tempat ini memang merupakan tempat yang cocok untuk menikmati keindahan matahari terbit dan terbenam di Kota Jember. Sementara itu jika anda ingin bermalam di tempat ini, anda bisa membawa tentda dan berkemah di tempat ini. namun jika anda tidak membawa perlengkapan untuk berkemah, anda juga bisa menginap di rumah penduduk sekitar yang ramah.

Pengalaman yang tidak akan pernah anda upakan jika anda berkunjung ke pantai ini tentunya. Meski tempat wisata ini tergolong sepi pengunjung, justru momen itulah yang akan memberikan suasana tenang dan damai di tempat ini. Deburan ombak yang ditambah dengan semilir angin khas pantai akan menambah nuansa tenang dan nyaman. sdelain itu, panorama alam Pantai Payangan yang eksotik akan menjernihkan kembali fikiran kita sehingga kita akan siap untuk memulai aktifitas kembali.