Pantai Lampuuk Pantai Populer di Aceh Besar

0
861

Pantai-pantai yang indah banyak sekali terdapat di negara kita Indonesia. Sebagai negara maritim, Indonesia memang memiliki garis pantai yang panjang dan dari situ terselip berbagai pantai yang menawarkan panorama keindahan alam yang sungguh menawan. Memang sensasi pantai tidak akan pernah luntur, terbukti semakin banyak saja orang yang sekedar melepaskan kepenatan dan mendapatkan jiwa dan semangat yang baru setelah bekunjung dan berwisata ke pantai.

Pantai yang menyuguhkan panorama keindahan alam yang sangat cantik salah satunya terdapat di Pantai Lampuuk yang berada di Aceh Besar, Nanggroe Aceh Darussalam. Pantai Lampuuk ini menjadi pantai favorit dan populer bagi warga Aceh Besar untuk melakukan acara rekreasi. Tak hanya masyarakat dari Aceh besar saja yang mengunjungi pantai menawan ini, namun masyarakat dari wilayah NAD yang lainpun banyak juga yang ber wisata ke pantai ini seperti dari Banda Aceh, Meulaboh dan wilayah NAD lainnya.

Pantai yang memiliki garis pantai sepanjang 5 kilometer ini dianugerahi dengan pasir putih yang terhampar luas nan elok. Di pasir putih ini kita dapat melakukan berbagai aktifitas yang menarik dan tentunya sangat menyenangkan. Kegiatan menarik tersebut seperti bermain bola, berjemur, atau membuat istana pasir yang akan mengembalikan memori kita ketika masih kecil. Laut Pantai Lapuuk yang berwarna biru kehijauan membuat pandangan mata begitu bersinar dan semakin membuat kita nyaman dan betah berlama-lama berada di pantai ini. Kita juga dapat melihat pemandangan lain yang tak kalah unik di pantai yaitu sejuk dan rimbunnya pohon-pohon pinus yang terdapat di daratan sekitar pantai.

Didaratan sekitar Pantai Lampuuk kita dapat menjumpai sebuah bangunan mesjid saat ini dijadikan sebagai monumen tsunami. Bangunan mesjid tersebut merupakan saksi bisu atas terjadinya peristiwa tsunami yang menerjang Aceh tahun 2004. Bangunan mesjid tersebut merupakan satu-satunya bangunan yang selamat dan masih utuh walupun diterjang tsunami yang dahsyat tersebut. Pantai Lampuuk ini pada waktu terjadi bencana tsunami memang porak poranda dan tak bisa dijadikan sebagai tempat wisata. Namun pemerintah berhasil membangun dan memperbaiki kembali tempat wisata ini dan mengembalikan kembali keindahan pantai ini. Terbukti jumlah wisatawan yang datang berkunjung ke pantai ini dari tahun ke tahun semakin meningkat baik untuk kunjungan wisatawan dalam negeri maupun wisatawan luar negeri.