Pantai Lahilonte Gorontalo : Sajian Keindahan yang Terbalut Legenda

0
1135

Anda sedang berada berwisata di Kota Gorontalo? Ya kota utara Pulau Sulawesi tersebut memang memiliki beragam jenis dan tempat wisata yang tidak kalah indah dan menarik dengan tempat wisata daerah lainnya di Indonesia. Wisata alam memang merupakan wisata andalan yang ditawarkan Provinsi Gorontalo kepada setiap pelancongnya. Tempat atau objek wisata di Gorontalo ini memang masih jarang diketahui oleh banyak orang. Tetapi jika anda ingin mencoba petualangan berwisata yang berbeda, dapat melakukannya dengan mengunjungi tempat wisata yang berada di Gorontalo ini. Pastinya kegiatan wisata yang anda lakukan di Gorontalo ini akan menjadi wisata yang berkesan dan berbeda dari kegiatan berwisata yang pernah anda lakukan.

Saat anda berada di Gorontalo, anda bisa menikmati keindahan alam dengan objek yang ditawarkan berupa keindahan pantai yang sungguh mempesona. Pantai tersebut adalah Pantai Lahilote atau ada juga yang menyebutnya dengan Pantai Pohe. Pantai yang menawarkan keindahan suasana pantai yang terasa begitu masih alami. Di pantai ini adalah tempat yang cocok bagi anda yang menginginkan suasana ketenangan dan kedamaian. Suasana tenang dan damai yang begitu membelai lembut anda, membuat anda merasa nyaman dan betah berada di Pantai Lahilote ini. Belaiannya bagaikan belaian kasih sayang orang tua kepada anaknya yang begitu lembut. Begitulah mungkin perumpamaan yang digambarkan dan memang hal tersebut pasti akan anda rasakan saat berada di Pantai Lahilote ini.

Nyiur yang melambai, angin semilir dari laut yang terasa sebagai sapaan ramah Pantai Lahilote kepada setiap pengunjungnya. Suasana tersebut yang terasa begitu memanjakan, sehingga tak akan rugilah bagi anda yang menghabiskan waktu bersama di pantai ini. Keindahannya yang ditampilkan tak akan pernah membuat anda bosan berada lama-lama di Pantai Lahilote ini. Suasana saat senja menjelang, merupakan suasana yang selalu dinantikan banyak orang yang singgah di pantai ini. Mereka ingin menyaksikan keindahan sunset yang terbenam di lepas Pantai Lahilote ini dan ingin merasakan suasana romantis yang terpancar dan akan menjadi moment terindah yang tak akan pernah terlupakan.

Saat anda berwisata menikmati keindahan di Pantai Lahilote ini, anda juga dapat menjumpai sebuah batu yang berbentuk telapak kaki. Batu yang unik tersebut dikenal dengan nama Batu Liyodu Lei Lahilote. Menurut cerita yang berkembang, batu tersebut konon merupakan telapak kaki seorang pengelana yang bernama Lahilote. Batu berbentuk unik yang berada di Pantai Lahilote ini, memang memiliki legenda sendiri yang mewarnai di balik keindahan alam dan suasana Pantai Lahilote ini. Legenda Lahilote tersebut menceritakan sang pengelana tersebut yang jatuh cinta pada seorang bidadari dari kayangan yang barparas cantik. Lahilote sangat ingin menikahi bidadari cantik tersebut sehingga untuk mewujudkan keinginannya tersebut Lahilote mencuri sayap sang bidadari cantik dari kayangan itu yang berbentuk selendang.

Bidadari cantik tersebut akhirnya tak dapat kembali ke kayangan jika selendangnya tak berhasil ditemukan. Dengan bujukan Lahilote, sang bidadari cantik tersebut akhirnya mau menikah dengan dia dan keinginan Lahilote pun akhirnya bisa terwujud. Namun suatu saat istrinya berhasil menemukan kembali selendang yang dicuri oleh Lahilote yang disembunyikan dalam bambu. Sang bidadari pun akhirnya dapat kembali ke kayangan tempatnya berasal. Lahilote tak ingin kehilangan istrinya yang amat dicintainya tersebut. Kemudian dengan bantuan sebatang rotan Lahilote sang pengelana tersebut melontarkan dirinya untuk mencapai kayangan dan menemui istrinya.

Singkat cerita Lahilote pun dapat kembali menemui istrinya dan mereka berdua hidup bersama untuk beberapa waktu di kayangan. Namun nasib buruk menimpa Lahilote saat negeri kayangan tidak menghendaki lagi Lahilonte untuk tinggal di kayangan karena Lahilonte sudah tumbuh uban di rambutnya karena faktor usia yang terus menggerogoti. Negeri kayangan marupakan negeri yang tidak menghendaki sosok yang mengalamai penuaan karena di kayangan tidak pernah terjadi proses penuaan. Sang pengelana pun akhirnya diturunkan kembali ke bumi dengan menggunakan tali yang berasal dari rambutnya yang dirajut. Sayang sekali tali yang dipakai sang pengelana tersebut putus dan akhirnya Lahilonte pun jatuh ke bumi dengan posisi berdiri. Cerita menyebutkan bahwa kaki kanannya jatuh di Pantai Pohe dan kaki kirinya jatuh di Pelabuhan Kwandang. Itulah cerita yang menjadi legenda dan mewarnai objek wisata Pantai Lahilonte di Gorontalo ini.