Objek Wisata Waduk Sermo, Tempat Wisata dengan Keindahan Panorama Alam yang Masih Asli

Potensi wisata di Provinsi Yogyakarta memang tak akan pernah ada habisnya. Yogyakarta akan selalu menjadi primadona dengan beragam tempat wisata yang didukung dengan panorama keindahan alam yang sungguh luar biasa mempesona. Wisatawan yang datang dan singgah untuk menikmati keindahan alam Yogya pasti merasakan kenyamanan yang begitu membuai. Berlama-lama menikmati perjalanan wisata di Provinsi Yogyakarta, sama sekali tak pernah terlintas rasa bosan. Kesan yang akan muncul dan menghampiri para wisatawan yang datang bertandang ke Yogyakarta tidak lain hanyalah menyenangkan dan menggembirakan.

Berwisata dengan menikmati keindahan panorama alam di Provinsi Yogyakarta memang merupakan pilihan banyak orang yang datang berwisata ke Provinsi ini. Beragam tempat wisata dengan dukungan keindahan alam yang begitu menggoda terdapat di Provinsi Yogyakarta ini, satu diantaranya yaitu objek wisata Waduk Sermo. Objek wisata Waduk Sermo di Provinsi Yogyakarta ini terletak di Dusun Sermo, Desa Hargowilis yang termasuk ke dalam wilayah Kecamatan Kokap. Objek wisata Waduk Sermo ini terbentuk dari dibendungnya Sungai Ngancrah. Waduk Sermo yang memiliki panorama yang menawan ini mempunyai debit air sekitar 25 juta meter kubik dengan luas keseluruhan waduk mencapai 157 hektare.

Upaya pembangunan Waduk Sermo dengan membendung Sungai Ngancrah berlangsung selama 20 tahun 8 bulan. Pembangunan Waduk Sermo ini diresmikan oleh Presiden Soeharto yaitu pada tanggal 20 November 1996. Waduk ini selain mempunyai potensi wisata yang potensial juga memiliki peran penting lainnya bagi pemerintah dan masyarakat sekitar. Yakni Waduk Sermo ini sangat berperan penting untuk mencukupi kebutuhan pasokan air bagi lahan pertanian yang berada di sekitar waduk. Tidak salah kalau waduk ini sengaja dibangun, karena begitu besar peran dan manfaat dari Waduk Sermo ini.

Para pengunjung yang singgah di objek wisata Waduk Sermo, akan begitu dimanjakan dengan suasana alam yang masih sangat terjaga kealamiannya dan kelestariannya. Masih banyak pepohonan rindang yang tumbuh di sekitar Waduk Sermoi ini sehingga para pengunjung akan merasakan udara yang begitu sejuk. Dengan berbagai keunggulan yang dimiliki oleh objek wisata Waduk Sermo ini, tak salah begitu banyak mengundang para pengunjung atau wisatawan yang membuat tempat wisata ini begitu ramai. Waduk Sermo dianggap tempat yang begitu spesial terutama bagi mereka yang hobi dan menggemari dunia mancing memancing. Para mancing mania tersebut bisa melampiaskan hobi memancingnya saat singgah di Waduk Sermo ini. Beragam jenis ikan ada dan bisa didapatkan di Waduk Sermo ini dengan jenis ikan yang paling banyak menghuni waduk ini adalah ikan nila.

Para pengunjung juga bisa menikmati keindahan Waduk Sermo ini dengan menyewa perahu wisata yang telah disediakan pengelola tempat wisata. Petualangan mengarungi Waduk Sermo dari atas perahu tentunya akan menjadi pengalaman terindah yang tak akan pernah terlupakan. Objek wisata Waduk Sermo di Provinsi Yogyakarta ini dapat ditempuh dari Kota Wates dengan jarak sekitar 6 kilometer. Untuk menuju ke objek wisata alam ini, dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun dengan kendaraan beroda empat. Selama perjalanan menuju tempat wisata Waduk Sermo ini, para pengunjung akan dibuat terpesona dengan keindahan tempat yang terlewati selama dalam perjalanan.

Tags: , ,

Sorry, the comment form is closed at this time.

Memberikan informasi seputar wisata dalam negeri maupun luar negeri. dengan dukungan gambar, sehingga jelas dan bermanfaat bagi anda yang ingin mengunjungi tempat tertentu., semoga liburan dan wisata anda menyenangkan