Objek Wisata Alam Danau Ranau yang Mempesona

0
433

Danau Ranau sebuah danau dengan panorama keindahan alam yang begitu memukau yang terdapat di Provinsi Lampung. Sajian pemandangan indah yang ditampilkan di Danau Ranau mampu menaklukan hati siapapun yang melihatnya sehingga tak mengherankan jika danau bentukan alam tersebut selalu banyak dikunjungi oleh berbagai turis lokal maupun turis asing. Objek wisata Danau Ranau harus menjadi tujuan utama saat anda memutuskan untuk melakukan liburan atau kunjungan wisata ke daerah Lampung. Anda tak akan pernah menyesal menjadikan Danau Ranau sebagai tujuan wisata anda, karena anda akan selalu dimanjakan dengan nuansa keindahan alam sekitar danau yang seakan tak ada habisnya.

Walaupun objek wisata Danau Ranau namanya belum begitu populer, akan tetapi keindahan yang dipancarkan danau di Lampung tersebut sangat begitu menawan dan tak kalah dengan keindahan tempat wisata yang namanya sudah dikenal luas. Danau yang berada di di perbatasan Kabupaten Lampung Barat di Provinsi Lampung dengan Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan di Sumatera Selatan tersebut merupakan danau terbesar kedua yang terletak di Pulau Sumatera. Menurut penelitian yang telah dilakukan, Danau Ranau terbentuk karena adanya gempa bumi dahsyat dan letusan gunung vulkanik.

Akibat terjadinya bencana tersebut keberadaan sungai besar yang mengalir di kaki gunung vulkanik berubah menjadi jurang. Beranekaragam jenis tanaman termasuk diantaranya semak belukar yang biasa disebut masyarakat sekitar dengan istilah ranau tersebut banyak tumbuh ditepi danau. Sisa-sisa gunung akibat letusan membentuk Gunung Seminung yang berdiri dengan gagah dan indahnya di samping Danau Ranau yang dianuigerahi dengan air yang sangat jernih. Anda dapat menikmati keindahan Danau Ranau yang mempunyai luas sekitar 44 kilometer tersebut dengan perahu motor yang lebih dikenal dengan Ketek. Menikmati suasana keindahan danau dari atas perahu atau ketek membuat kunjungan wisata yang dilakukan ke Danau Ranau semakin bertambah menyenangkan. Untuk menyewa perahu motor atau ketek tersebut harganya bervariasi tergantung dari jauh dekatnya tempat yang akan anada tuju. Harga sewa perahu motor tersebut berkisar antara Rp.100.000 sampai dengan Rp. 250.000.

Anda yang tak ingin cepat-cepat meninggalkan keindahan Danau Ranau yang mempesona tersebut dapat bermalam atau menginap di sebuah hotel yang terdapat di sekitar objek wisata Danau Ranau. Tetapi jika anda ingin mendapatkan tempat bermalam yang lebih murah lagi, anda bisa menyewa sebuah kamar di rumah penduduk dengan harga sewa per malamnya sekitar Rp30.000 saja. Menikmati keindahan Danau Ranau terasa semakin sempurna sembari menikmati sajian ikan bakar spesial yang begitu lezat. Anda dapat memperoleh ikan tersebut dari para nelayan yang mencari ikan di area Danau Ranau tersebut. Salah satu keunggulan yang terdapat di Danau Ranau salah satunya yaitu tadi, memiliki limpahan hasil ikan dengan ukuran yang cukup besar. Berbagai daya tarik dan keindahan tempat yang ditawarkan tersebut, membuat objek wisata Danau Ranau sangat layak untuk dikunjungi dan dijadikan sebagai tempat liburan yang menyenangkan.