Objek Wiasata Pantai Parai Tenggiri

0
924

Pantai Tenggiri merupakan pantai yang terletak di Provinsi Bangka Belitung yang paling populer. Pantainya yang memiliki ombak lembut tersebut dan juga cukup landai menjadikan magnet penarik para wisatawan untuk berwisata di pantai ini. Fasilitas di tempat wisata ini sudah sangat memadai yang sengaja di buat untuk memanjakan para wisatawan yang datang berkunjung. Pantai rupawan ini lebih jelasnya terletak di daerah Matras Sungailiat, Desa Sinar Baru, Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka, Bangka Belitung dan dari Bandara Depati Amir, Pangkal Pinang berjarak sekitar 40 km.

Pantai Parai Tenggiri cocok sekali bagi para wisatawan yang ingin bersantai dengan suguhan pemandangan desa nelayan yang unik dan juga hamparan laut biru dan bentangan pasir pasir putih di sepanjang bibir pantai yang tak kalah eksotik. Pemandangan alam yang akan membuat para wisatawan merasa takjub. Para wisatawan juga tidak berhenti dimanjakan pemandangan itu saja ada pemandangan unik lain yang dapat disaksikan di pantai ini yaitu terdapatnya batu-batu granit yang berukuran besar dan beragam bentuk . Pemandangan ini pasti tidak akan dijumpai jika kita berwisata di pantai lain. Para wisatawan dapat menikmati indahnya pesona Laut Cina Selatan sambil menikmati makanan ataupun camilan bersama keluarga dan rekan. Moment tersebut akan lebih mengesankan lagi jika dilakukan pada malam hari dengan hiasan cahaya dari lampu kapal yang sedang berlayar.

Tak cukup hanya pesona pemandangan alamnya yang begitu memukau yang ditawarkan kepada para wisatawan tetapi wisman pun dapat melakukan berbagai aktifitas yang menarik di tempat ini. Wisatawan yang senang memancing bisa melakukan aktifitas menarik ini karena pengelola telah menyediakan fasiltas berupa penyewaan perahu pancing yang dilengkapi dengan semua peralatan penunjang yang cukup lengkap. Wisman yang suka dengan permainan parasailing atau banana boating dapat dicoba juga di tempat wisata ini dengan keamanan yang terjamin. Pantai Parai Tenggiri sudah ditetapkan sebagai kawasan wisata hijau dengan nama Parai Green Resort yang sangat peduli dengan pelestarian kawasan wisata ini agar tetap lestari, misalnya melakukan upaya penyelamatan lingkungan dengan menanam pohon-pohon di tempat wisata ini dan mengurangi pemakaian bahan plastik ataupun yang lainnya yang dapat mencemari kawasan pantai.

Sudah terdapat hotel berbintang 4 di Pantai Parai Tenggiri ini yang sediakan untuk para wisatawan yang ingin bermalam dengan fasilitas yang memadai seperti sudah tersedia restoan, cafe, bar and grill, kolam renang dan lainnya.Wisatawan yang berniat mengunjungi pantai ini disarankan menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan karena letak lokasi tempat wisata ini tidak terjangkau oleh kendaran umum. Tetapi jika tetap ingin menggunakan kendaraan umum harus siap dengan naik turun kendaraan. Dari Kota Pangkalpinang wisatawan bisa naik angkutan kota jenis colt dengan jurusan Pangkalpinang-Sungailiat dengan ongkos Rp.6000. Setelah sampai di Sungailiat perjalanan diteruskan menggunakan becak motor dengan Rp.40.000 sampai ke kawasan Pantai Parai Tenggiri. Harga ongkos tersebut untuk biaya rute pergi-pulang.