Museum Negeri Bengkulu Tempat Tersimpannya Budaya Bengkulu yang Bernilai Sejarah

Wisata sejarah dapat menjadi ajang untuk lebih mendalami dan menghargai kebudayaan masa lampau yang mempunyai nilai sejarah yang sangat berharga. Kebudayaan merupakan suatu hasil karya manusia yang dapat menunjukan tingkat peradaban kehidupan pada saat itu. Bentuk kebudayaan yang masih terjaga kelestariannya tersebut salah satunya dapat kita temukan di suatu tempat yang bernama museum. Kebudayaan dan museum memang dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Bangunan museum menyimpan jejak kebudayaan dari masa ke masa, yang dapat dijumpai dalam bentuk budaya peninggalan sejarah, audio, foto, naskah kuno dan lain sebagainya.

Bagi anda yang ingin menelusuri rekam jejak kebudayaan masa lalu, salah satunya dengan mengunjungi Museum Negeri Bengkulu yang tentunya terdapat di Provinsi Bengkulu. Daerah Bengkulu merupakan salah satu daerah yang banyak menyimpan peninggalan sejarah masa lalu yang sangat menarik untuk ditelusuri. Dengan mengunjungi Museum Negeri Bengkulu setidaknya anda akan mengetahui sedikit banyak tentang sejarah budaya daerah Bengkulu. Museum yang diresmikan oleh Drs. GBPP Poeger tersebut merupakan sebuah museum yang dibangun pada tahun 1978. Bangunan museum yang baru difungsikan pada tanggal 3 Mei 1980 ini pada awalnya bertempat di Benteng Marlborough. Hingga pada tanggal 3 Januari 1983, Musem Negeri Bengkulu berpindah tempat menempati gedung baru sampai saat ini. Menurut sumber berita, pengambilan keputusan pemindahan museum tersebut didasarkan atas pertimbangan pemerintah yang beranggapan bahwa penempatan museum yang dahulu berada di kawasan Benteng Marlborough kelihatan kurang menguntungkan dan kurang efisien.

Museum Negeri Bengkulu menempati lahan dengan luas 9.974 meter persegi. Di museum menarik tersebut terdapat dua ruangan pameran yang dapat anda kunjungi yaitu ruang pameran tetap dan ruang pameran kontemporer. Kedua ruangan pameran tersebut menyimpan ribuan benda koleksi yaitu sekitar 6.220 macam koleksi yang terbagi ke dalam 10 macam kategori. Kesepuluh kategori tersebut yaitu biologika, geologika, arkeologika, etnografika, numismatika, historika, keramologika, filologika, seni rupa, dan yang terakhir teknologika. Hampir setengahnya dari benda koleksi yang ada merupakan benda budaya kategori etnografi atau benda budaya perlengkapan hidup.

Mengunjungi Museum Negeri Bengkulu, anda akan semalin lebih merasa bangga terhadap kebudayaan bangsa sendiri yang tidak kalah majunya dengan kebudayaan bangsa lain di dunia ini. jika anda anda berminat mengunjungi museum menarik di Bengkulu tersebut anda bisa langsung menuju ke Jl. Pembangunan No. 8, Padang Harapan, Kecamatan Gading Cempaka, Provinsi Bengkulu. Museum Negeri Bengkulu buka setiap hari terkecuali pada hari Senin pada jam 08.00 – 13.00 WIB. Anda dapat menggunakan beragam jenis kendaraan untuk menuju lokasi museum, karena aksesnya sudah sangat mudah dan lancar.

Tags: , ,

Sorry, the comment form is closed at this time.

Memberikan informasi seputar wisata dalam negeri maupun luar negeri. dengan dukungan gambar, sehingga jelas dan bermanfaat bagi anda yang ingin mengunjungi tempat tertentu., semoga liburan dan wisata anda menyenangkan