Menonton Pertunjukan Seni Plae Pakaa, Seni Budaya Khas Negara Kamboja

0
1042

Plae Pakaa adalah sebuah pertunjukan kesenian di Negara Kamboja yang menampilkan gabungan dari 3 pertunjukan seni. Bagi anda yang sedang menikmati liburan di Negara Kamboja dapat menyaksikan pertunjukan seni tersebut di Museum Nasional Phnom Penh. Pertunjukan seni Plae Pakaa mulai digelar di Museum Nasional Phnom Penh tersebut yaitu pada tanggal 25 Oktober 2012. Pertunjukan seni budaya khas Kamboja tersebut mulai dipentaskan tepat pada jam tujuh malam waktu setempat. Pertunjukan seni khas Kamboja tersebut sangat banyak menarik perhatian para wisatawan yang datang berkunjung baik yang berasal dari Negara Kamboja sendiri maupun dari luar Kamboja.

Pertunjukan seni Plae Pakaa menjadi daya tarik sendiri saat sedang berwisata di Negara Kamboja. Para wisatawan sangat merasa terhibur sekali dengan pagelaran seni tradisional Negara Kamboja tersebut. Kesenian Plae Pakaa ini memang terlahir dari perjalanan peradaban masyarakat Kamboja. Bagi warga negara Kamboja sendiri, melihat pertunjukan seni tersebut bisa mengingat kembali mengenai sejarah maupun budaya bangsa mereka sendiri. Apabila diperhatikan lebih cermat lagi, pertunjukan seni Plae Plakaa tersebut banyak mengandung pendidikan maupun aspek moral yang sangat begitu berharga.

Dengan mampir dan melihat pertunjukan seni khas Kamboja tersebut, selain mendapatkan hiburan pengunjung pun juga dapat memberikan wawasan atau pengetahuan baru mengenai budaya bangsa lain. Pertunjukan seni Plae Pakaa bagi Negara Kamboja sendiri menjadi potensi wisata yang menjanjikan dan dapat menambah pemasukan negara tersebut dari sektor pariwisatanya. Pertunjukan seni Plae Pakaa merupakan pertunjukan seni yang sangat digarap dengan apik oleh para pekerja seni negeri Kamboja yang sudah sangat begitu profesional. Maka dari itu sangat rugi jika pengunjung yang datang ke Kamboja melewatkan pertunjukan seni tradisional yang sedang digelar tersebut karena tidak setiap waktu pertunjukan seni tersebut digelar di Negara Kamboja dan bisa termasuk jarang sekali.

Pertunjukan seni Plae Pakaa seperti sudah dijelaskan di atas merupakan pertunjukan dari hasil penggabungan 3 pertunjukan seni. Tiga pertunjukan seni tersebut diantaranya Anak-Anak Bassac, Yike Opera : Mak Therng, Perjalanan Hidup. Anak-Anak Bassac merupakan pertunjukan seni yang banyak menampilkan tarian-tarian khas Negara Kamboja. Tarian yang dipertunjukan tersebut seperti Apsara, Sovann Machha, Bok Leak dan masih banyak lagi jenis tarian tradisional yang ditampilkan. Yoke Opera merupakan pertunjukan seni yang menampilkan opera drama dengan cerita pasangan yang hidup bahagia namun tidak mampu menjaga kesucian cinta mereka. Sedangkan untuk sesi Perjalanan Hidup merupakan seni pertunjukan yang paling indah dari dua pertunjukan seni yang tergabung dalam Plae Pakaa. Melihat pertunjukan Plae Pakaa di Negara Kamboja akan menjadi moment yang begitu indah dalam mengisi waktu liburan. Harga tiket untuk melihat pertunjukan seni yang menarik tersebut adalah sebesar $ 10 untuk dewasa dan $ 6 bagi anak-anak.