Menikmati Keindahan Monumen Nani Wartabone

0
884

Monumen Nani Wartabone merupakan sebuah monumen yang dibangun untuk mengenang seorang pejuang asli Gorontalo yang begitu besar jasanya dalam memperjuangkan rakyat Gorontalo agar bisa terlepas dari cengkeraman penjajah. Nani Watabone bagi warga Gorontalo merupakan sosok pejuang sejati. Nama Nani Watabone memang tidak seterkenal dan sepopuler nama Pahlawan nasional lainnya yang sama-sama berjasa besar bagi republik ini. Nani Wartabone merupakan sosok pejuang yang juga memperoleh berbagai tanda jasa maupun penghargaan dari Pemerintah Indonesia. Hal tersebut memang sangat wajar karena Pahlawan Nasional Nani Wartabone ini jasa-jasanya begitu sangat besar.

Nani Watabone pahlawan asal Kota Gorontalo tersebut, ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional oleh Pemerintah Indonesia pada tanggal 6 November 2003. Ketetapan tersebut disahkan dengan keputusan Presiden RI Nomor 085/TK/Tahun 2003 pada masa pemerintahan Presiden Megawati Soekarno Putri. Penghargaan tersebut diserahkan oleh presiden di Istana Negara kepada salah satu putra dari Nani Wartabone yakni Hi Fauzi Watabone pada tanggal 7 November 2003. Monumen Nani Wartabone di Kota Gorontalo ini terletak di tengah alun-alun kota. Tempat Monumen Nani Wartabone tersebut menjadi tempat yang banyak dikunjungi para keluarga di Kota Gorontalo sekedar untuk berkumpul dan menambah suasana kedekatan dengan anggota keluarga.

Monumen yang memiliki nilai sejarah ini persis terletak di tengah-tengah kota. Sehingga bagi pengunjung dapat dengan mudah untuk menuju ke tempat menarik ini dengan berbagai mode transportasi yang bisa digunakan. Mengunjungi Monumen Nani Wartabone di Kota Gorontalo tersebut, para pengunjung bisa dengan menggunakan transportasi darat, transportasi laut, maupun transportasai udara. Bila pengunjung ingin menggunakan transportasi udara yaitu dengan pesawat terbang, Bandar Udara Djalaludin di Kota Gorontalo sudah melayani penerbangan dari dan ke berbagai kota yang ada di Indonesia.

Sedangkan bagi pengunjung yang menggunakan mode transportasi laut, para pengunjung para pengunjung harus menggunakan kapal yang berlabuh di Pelabuhan Gorontalo ataupun Pelabuhan Anggrek Kwandang. Kapal-kapal yang biasa berlabuh di kedua pelabuhan tersebut adalah seperti KM Kambuna, KM Umsini, KM Awu, KM Tilongkabil. Perjalanan darat menuju tempat wisata sejarah tersebut hampir dapat ditempuh dari berbagai kota besar yang berada di Pulau Sulawesi. Para pengunjung bisa menggunakan bus besar atau busa DAMRI. Bisa juga ditempuh dengan bendi, mikrolet, bentor apabila pengunjung datang dari terminal yang ada di Kota Gorontalo. Dan yang paling menarik pengunjung tidak akan dikenakan biaya atau tiket masuk untuk dapat melihat Monumen Nani Wartabone di Kota Gorontalo tersebut.