Mengunjungi Komplek Penjara Alcatraz Satu Hal yang Menyeramkan namun Sangat Menakjubkan

0
425

Alcatraz merupakan salah satu tempat wisata terfavorit di Kota San Francisco, Amerika Serikat selain Golden Gate yang namanya sudah populer juga. Tempat wisata ini menjadi tempat wisata favorit banyak orang, hal tersebut bisa disebabkan salah satunya karena tempat ini letaknya tidak jauh dari pusat Kota San Francisco. Tempat wisata ini terletak di tengah-tengah perairan teluk San Francisco dengan jarak sekitar 2,5 kilometer dari pusat Kota San Francisco. Hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit saja bagi pengunjung yang ingin datang ke tempat ini dengan menumpang kapal wisata dari Dermaga 33.

Alcatraz ini merupakan sebuah pulau tempat memenjarakan para narapidana yang tergolong sebagai penjahat kelas kakap yang membutuhkan pengamanan yang sangat ketat. Bila ingin membandingkan Alcatraz ini dengan komplek penjara modern yang ada sekarang, popularitas Alcatraz ini dapat menyamai popularitas Guantanamo yaitu suatu komplek penjara militer Amerika Serikat di Kuba. Namun komplek penjara Alcatraz ini ditutup pada tahun 1963 oleh Robert F Kennedy yang menjabat sebagai Jaksa Agung Amerika Serikat saat itu. Hal tersebut disebabkan karena biaya operasional untuk untuk mengelola penjara Alcatraz ini dirasa sangat mahal.

Setelah komplek penjara Alcatraz ini ditutup, kemudian pengelolaan tempat ini diserahkan kepada Dinas Pertamanan Amerika Serikat. Saat berada di bawah pengelolaan Dinas Pertamanan, komplek penjara Alcatraz ini menjadi tempat rekreasi dan taman nasional. Banyak orang yang mendatangi tempat yang memiliki keunikan tersebut untuk melihat bangunan penjara, benteng, ataupun mercusuar yang masih berdiri lengkap di Alcatraz. Walaupun oranament dan kelengkapan sebagai tempat penjara masih dapat dijumpai namun para narapidana yang mendiaminya sudah tidak dapat dijumpai lagi.

Bagi para pengunjung yang ingin mencoba mendatangi tempat ini, anda semua harus siap dengan perbekalan isi dompet yang besar. Untuk mengikuti tur Alcatraz tersebut anda perlu menyiapkan dana sebesar US$26 atau sekitar Rp.235.000 per orang dan harga tersebut berlaku pada hari biasa. Karena saat akhir pekan tiba anda yang ingin mengikuti tur Alcatraz harus membayar sebesar US$36 atau sekitar Rp.325.000 per orangnya. Bagi anda yang ingin mencoba merasakan sensasi tur ke Alcatraz ini, sebelumnya anda harus pesan atau booking 1 hari sebelumnya di loket Pier33 ataupun secara online.

Tur ke Alcatraz ini hanya berlaku untuk 2 jam perjalanan saja. Turnya di bagi ke dalam 9 trip siang hari yang dimulai pada pukul 09.30 pagi dan 1 trip malam hari yang dimulai pada pukul 07.00 malam. Untuk perjalanan trip malam, harganya tiketnya 10 dollar lebih mahal daripada harga tiket trip siang. Setelah sampai di pulau tempat bangunan penjara berdiri, anda akan diberi perangkat audio lengkap dengan headsetnya. Perangkat tersebut sangat berguna bagi anda untuk mendengarkan penjelasan detail mengenai Alcatraz. Anda oleh tour guide akan diajak untuk merasakan suasana di dalam penjara Alcatraz saat penjara tersebut masih dipenuhi oleh para narapidana.

Di dalam komplek penjara Alcatraz, anda juga dapat menjumpai sel terisolasi. Narapidana yang menghuni ruang terisolasi tersebut tidak dapat berinteraksi atau bersosialisasi dengan penghuni penjara yang lainnya. Sungguh suatu hal yang sangat mengerikan. Selain itu anda juga akan diajak ke sebuah museum yang terdapat di komplek penjara Alcatraz ini yang mempunyai koleksi barang seperti foto-foto, diorama, dan lain sebagainya. Saat anda berada di tempat yang cukup menyeramkan namun menarik ini, anda juga dapat menjumpai bangunan perpustakaan dan toko souvenir yang akan menggoreskan kesan tersendiri bagi anda. Pokoknya perjalanan tur ke Alcatraz sungguh akan sangat menakjubkan dan menggoreskan kenangan yang teramat dalam.