Mengunjungi Keraton Kacirebonan yang Bernilai Sejarah

Keraton Kacirebonan merupakan sebuah keraton yang berada di Jl. Pulasaren, Kelurahan Pulasaren, Kec. Pekalipan, Kota Cirebon. Keraton Cirebon ini merupakan bangunan keraton yang tidak terlalu besar dan luas dibandingkan dengan bangunan keraton lainnya yang berada di Kota Cirebon. Jika anda berkesempatan mengunjungi Keraton Kacirebonan ini, anda akan melihat bahwa keraton ini memiliki halaman depan yang cukup luas dan tampak terlihat indah.

Anda yang ingin mengunjungi Keraton Kacirebonan ini, sebelumnya harus menemui beberapa orang petugas dahulu yang mungkin bertugas untuk menjaga Keraton Kacirebonan ini. Para penjaga keraton ini, berada di sebuah bangunan mirip dengan bangunan berbentuk joglo yang berada di depan tembok keraton. Tiket masuk untuk memasuki kawasan Keraton Kacirebonan ini dapat dibayar belakangan yang terpenting anda harus menjelaskan dengan detail maksud dan tujuan anda mengunjungi Keraton Kacirebonan ini.

Anda dapat mengetahui bahwa Keraton Kacirebonan ini dibangun pada tahun 1808 yang dapat dilihat dari papan penanda yang terdapat di Kompleks Keraton Kacirebonan ini. Keraton Kacirebonan ini merupakan bangunan cagar budaya yang harus tetap terawat dan dijaga kelestariannya. Saat anda berada di Komplek Keraton Kacirebonan ini, anda dapat melihat dapat melihat halaman depan yang berukuran cukup luas yang ditumbuhi banyak pohon rindang. Pemandangan tersebut terlihat sangat asri dan membuat udara di sekitar Komplek Keraton Kacirebonan ini terasa sejuk.

Keraton Kacirebonan yang memiliki nilai sejarah ini, merupakan bangunan yang menyimpan sebuah kisah perjuangan dalam melawan pemerintah kolonial Belanda yang dilakukan oleh Pangeran Raja Kanoman. Keraton ini juga menjadi keraton tempat dilangsungkannya beberapa acara tradisi tahunan. Tradisi tahunan yang biasa digelar di keraton ini yaitu Syafaran, Suraan, Rajaban, Muludan, Tarawehan, Likuran, Grebek Syawal dan beberapa tradisi lainnya. Panjang Jimat merupakan acara puncak yang selalu di gelar di Keraton Kacirebonan ini yang rutin di gelar setiap tanggal 12 Rabiul Awal.

Saat berada di dalam Keraton Kacirebonan ini, anda juga dapat menjumpai sebuah foto yang menempel di ruang beranda Keraton Kacirebonan. Foto tersebut adalah foto dari Sultan Kacirebonan. Anda juga dapat berkunjung ke ruang tengah keraton ini yang berukuran cukup sempit. Ruang tengah ini berfungsi untuk menerima para tamu yang datang ke Keraton Kacirebonan. Selain itu juga anda dapat mengunjungi sebuah museum yang berada di dalam keraton ini. Museum tersebut terdapat di sebuah bangunan utama keraton yang berukuran kecil.

Anda juga dapat melihat satu koleksi batik yang sudah berumur tua saat mengunjungi Keraton Kacirebonan ini. Tak ketinggalan juga anda dapat melihat koleksi wayang kulit yang tersimpan dengan baik di dalam kotak kayu. Mengunjungi keraton ini selain rasa terhibur yang akan anda rasakan, anda juga dapat menjadi lebih bertambah lagi wawasannya akan kebudayaan yang begitu kaya di Negara Indonesia tercinta.

 

Tags: , ,

Sorry, the comment form is closed at this time.

Memberikan informasi seputar wisata dalam negeri maupun luar negeri. dengan dukungan gambar, sehingga jelas dan bermanfaat bagi anda yang ingin mengunjungi tempat tertentu., semoga liburan dan wisata anda menyenangkan