Mengenal Aneka Macam Alergi Dan Gejala Umumnya

Tahukah Anda apa saja aneka macam alergi yang sering terjadi? Istilah alergi memang bukanlah istilah yang asing bagi banyak orang. Alergi pun dianggap sebagai sesuatu yang tidak berbahaya walaupun memang sangat menyiksa. Berbicara soal alergi, ada banyak sekali jenis alergi yang dimiliki oleh banyak orang diseluruh dunia. Ada alergi yang memang tergolong umum terjadi, ada pula alergi yang memang sangat jarang atau sangat langka terjadi. Dari semua alergi yang dimaksud, terdapat reaksi alergi yang bisa dilihat atau diperhatikan dengan jelas ketika seseorang terkena alergen atau subtsansi penyebab alergi. Gejala yang bisa diamati tersebut bisa membuat siapa saja lebih memperhatikan terhadap alergennya agar tidak mengalami alergi atau paling tidak mencegahnya agar tidak tersiksa ketika alergi menyerang.

Berbicara soal Macam Alergi, ada beberapa penyebab yang bisa menjadi pengelompokan alergi. Pertama, ada alergi yang disebabkan oleh lingkungan. Alergi ini sangat sering dimiliki oleh banyak orang. Ragam jenis alergi lingkungan juga cukup banyak seperti alergi terhadap debu, alergi tungau, serbuk sari, bahkan ada pula orang yang memiliki alergi sinar matahari. Lalu, pengelompokan alergi selanjutnya adalah alergi makanan. Banyak orang yang menderita alegi yang disebabkan adanya makanan yang masuk ke dalam tubuh. Contohnya alergi susu sapi, alergi kacang, kerang, udang, telur, dan lain sebagainya. Beberapa orang mengalaminya seumur hidup, dan beberapa lainnya hanya mengalaminya sementara waktu atau biasanya ketika masih kecil. Untuk alergi yang satu ini, cara menghindarinya tentu saja harus pandai memilih makanan yang hendak dimakan agar tidak mengalami reaksi alergi. Selain itu, ada pula alergi yang muncul dari diri sendiri dan cukup aneh terdengar. Alergi yang dimaksud adalah alergi olahraga dan alergi sentuhan. Di dunia, kasus ini cukup langka namun memang nyata terjadi.

Dari aneka Macam Alergi yang tercatat dalam dunia kedokteran, semuanya memiliki gejala yang bisa diamati. Ada yang mudah dilihat dan ada pula yang hanya dirasakan. Setiap alergi tidak memiliki suatu gejala yang pasti. Dan setiap orang yang memiliki alergi yang sama juga sangat mungkin memiliki reaksi alergi yang berbeda-beda. Hal ini disebabkan lantaran adanya perbedaan penerimaan alergen pada kekebalan tubuh masing-masing individu sehingga reaksinya bisa berbeda-beda. Namun, secara umum terdapat beberapa gejala alergi yang sangat sering terjadi. Berbagai gejala alergi yang akan disebutkan di sini merupakan gejala yang sering muncul dari sekian banyak jenis alergi yang ada di dunia. Apa sajakah gejala umum dari reaksi alergi?

Bersin-bersin

Jika sebelumnya Anda mengenal bersin sebagai bentuk dari gejala flu, maka sekarang Anda tahu bahwa bersin pun gejala dari alergi. Walaupun sedang dalam keadaan sehat, namun jika tubuh terkena alergen atau penyebab alergi maka bisa menderita bersin-bersin. Salah satu alergi yang paling menyebabkan gejala bersin ini adalah alergi debu. Penderitanya bisa mengalami bersin yang terjadi terus-menerus sehingga sangat menyiksa dan menganggu aktivitas. Tidak hanya itu, penderita alergi makanan seperti misalnya alergi daging sapi pun juga akan merasakan gejala yang sama.

Batuk-batuk

Sama halnya dengan gejala bersin, ada pula gejala lainnya yang sering disangka terserang penyakit tertentu yaitu batuk-batuk. Padahal, gejala batuk-batuk bisa jadi hanya karena seseorang terserang alerginya saja. Gejala ini termasuk gejala yang sangat umum terjadi baik untuk alergi yang disebabkan oleh makanan maupun lingkungan. Namun, gejala ini lebih sering terjadi untuk jenis alergi makanan.

Sesak nafas

Sesak nafas juga salah satu gejala dari alergi yang sering dialami banyak orang. Penderitanya akan tiba-tiba merasakan susah bernafas walaupun tidak memiliki riwayat yang buruk pada pernafasan. Ada banyak alergi yang akan menyebabkan reaksi alergi seperti ini misalnya seperti alergi daging sapi, susu sapi, biji wijen, debu, dan lain sebagainya.

Ruam pada kulit

Gejala selanjutnya adalah ruam pada kulit. Ruam kemerahan pada kulit ini juga termasuk yang sangat sering terjadi untuk banyak kasus alergi. Baik alergi makanan maupun lingkungan, banyak orang yang akan merasakan reaksi adanya perubahan warna kulit dan muncul ruam ketika terkena oleh alergennya. Contoh dari alergi yang menyebabkan adanya gejala ini seperti alergi kerang, susu sapi, alergi udara dingin, alergi sinar matahari, alergi suatu zat kimia, dan lain sebagainya. Umumnya, muncul ruam kemerahan bagi seseorang yang terkenal alergi hanya muncul beberapa saat saja. Banyak orang yang akan langsung mendapatkan kesembuhan ketika sudah tidak dekat dengan alergen atau berhenti mengkonsumsi suatu zat yang menjadi penyebab alerginya. Namun, ada pula orang yang harus diberikan anti alergi agar sembuh dari gejala ini. Obat anti alergi yang dimaksu adalah antihistamin yang sangat mudah didapatkan diberbagai toko obat atau apotek.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Memberikan informasi seputar wisata dalam negeri maupun luar negeri. dengan dukungan gambar, sehingga jelas dan bermanfaat bagi anda yang ingin mengunjungi tempat tertentu., semoga liburan dan wisata anda menyenangkan