Menambah Pengetahuan Sambil Berwisata ke Situs Kerajaan Kendan

0
564

Bandung tak akan pernah kehabisan tempat menarik yang dapat menjadi sektor pariwisata yang yang mengagumkan dan menguntungkan. Bandung kota parahiyangan ini memang dianugerahi dengan kondisi alam yang memukau dan memancarkan keindahan tiada duanya. Tak jika banyak orang merasa betah dan nyaman tinggal di kota yang dikelilingi oleh gunung ini. Sektor wisata di Kota Bandung sangat beragam dan bisa di pilih sesuka hati untuk mengisi liburan yang akan begitu menggembirakan. Wisata alam, wisata budaya, wisata sejarah, wisata pendidikan dan masih banyak lagi lainnya tersedia di Kota Bandung.

Jika anda berencana untuk berlibur dan mengisi waktu senggang di Kota Bandung, anda bisa datang ke tempat menarik satu ini yaitu Situs Kerajaan Kendan. Situs Kerajaan Kendan ini berada di Nagrek, Kabupaten Bandung. Anda yang maengunjungi tempat ini selain selain untuk menyegarkan pikiran juga dapat menambah pengetahuan anda tentang peradaban sejarah yang pernah ada di Kota Bandung ini. Situs ini merupakan peninggalan masa lalu yang menggambarkan kehidupan zaman dahulu, juga sebagai pengukur seberapa majunya kehidupan masyarakat yang pernah hidup pada masa itu. Sehingga Situs Kerajaan Kendan ini memiliki nilai sejarah sendiri yang harusa tetap dilestarikan.

Menelisik dari namanya kata kendan pada Kerajaan Kendan ini diambil dari dari kata kenan yang mempunyai arti sejenis batu cadas yang berongga dan dilam batu batu cadas tersebut terdapat kaca yang berwarna hitam. Menurut informasi batu cadas tersebut akan sangat berkilau jika terkena pancaran sinar matahari sehingga membuat batu cadas tersebut sangat unik. Anda dapat melihat batu cadas yang memiliki keunikan tersebut jika anda mengunjungi Situs Kerajaan Kendan ini.

Kerajaan Kendan yang pernah berdiri di Kota Bandung ini konon didirikan Resiguru Manikmaya dan menjadi kerajaan yang maju dan besar saat berada di bawah kepemimpinan Prabu Wretikandayun. Kerajaan Kendan ini telah berdiri di Bandung ini sejak tahun 536 masehi. Anda saat mengunjungi situs yang bersejarah ini selain dapat menjumpai batu cadas yang unik tersebut juga dapat melihat bangunan punden. Punden yaitu bangunan yang terbuka karena tidak memiliki atap dan juga dinding. Bangunan punden ini juga sering dijadikan sebagai tempat untuk menyelenggarakan ritual keagamaan pada masa itu. Di Situs Kerajaan Kendan yang berada di Nagrek ini, juga ditemukan benda lain yang memiki nilai sejarah seperti mahkota, sebuah pustaka Nagasastra, dan juga Arca Manik. Berkunjung ke tempat ini akan membuat anda lebih mengetahui tentang sejarah peradaban masa lalu yang pernah berdiri di negeri ini.