Megahnya Bangunan Omar Ali Saifuddin Mosque: Tujuan Wisata Menarik di Brunei Darussalam

0
766

Brunei Darussalam merupakan sebuah negara paling kecil di kawasan Asia Tenggara yang memliki daya tarik sendiri dan tidak kalah dari negara-negara di kawasan Asia Tenggara lainnya. Negara yang berbentuk kerajaan ini terasa begitu tenang dan damai dan akan membuat setiap orang yang berada di negara tersebut merasakan kenyamanan dalam menjalani hidup. Negara Brunei juga dianugerahi dengan beragam potensi wisata yang tampak begitu menawan. Tidak sedikit jumlah wisatawan dari negara lain yang singgah untuk menikmati keindahan dan seni budaya dari Negara Brunei tersebut. Brunei juga banyak memilki bangunan-bangunan yang beciri khas dan bernilai seni tinggi. Diantara bangunan unik tersebut terdapat beberapa diantaranya yang mempunyai nilai sejarah yang menawarkan sensasi wisata sejarah yang sangat mengesankan. Negara Brunei terutama terkenal dengan bangunannya yang bernuansakan islami dan budaya melayu yang sangat kental terasa.

Apabila anda berkunjung ke negeri Brunei ini, anda dapat mengunjungi sebuah bangunan yang memiliki nilai sejarah tinggi yaitu Omar Ali Saifuddin Mosque. Bangunan mesjid yang mempunyai nilai keindahan seni ini terletak di Bandar Seri Begawan. Omar Ali Saifuddin Mosque merupakan salah satu bangunan mesjid yang layak untuk dikunjungi bagi orang-orang di belahan dunia ini. bangunan mesjid ini mengusung arsitektur bernuansa islami yang modern. Bangunan mesjid Omar Ali Saifuddin Mosque pembangunannya selesai pada tahun 1958. Anda yang mengunjungi mesjid ini dapat menangkap bahwa bangunan mesjid ini begitu sangat megah dan mewah. Bangunan mesjid Omar Ali Saifuddin Mosque juga menjadi simbol negara ini yang mayoritas penduduknya beragama Islam.

Jika anda mengamati bangunan mesjid ini lebih cermat lagi, akan terlihat bahwa bangunan mesjid yang memilki nilai sejarah ini begitu besar dan menjulang tinggi ke langit. Bangunan mesjid Omar Ali Saifuddin di Brunei ini berdesain dengan memadukan dua gaya arsitektur yang berbeda yaitu gaya arsitektur Italia dan gaya arsitektur Mughal. Bentuk kubah mesjid Omar Ali Saifuddin yang menjulang tinggi ke langit ini seolah begitu menyatu dengan indahnya langit biru Brunei. Bangunan Omar Ali Saifuddin Mosque dibangun di tepi laguna buatan dan sangat terlihat begitu kokoh. Laguna buatan tersebut terletak di wilayah Kampung Ayer atau dalam bahasa Indonesia dapat disebut dengan Kampung Air.

Pemandangan indah yang masih dapat anda nikmati saat berkunjung ke Omar Ali Saifuddin Mosque ini adalah pemandangan sebuah sungai yang terhampar begitu luas yang dapat dilihat anda dari salah satu bagian atau sisi Mesjid Omar Ali Saifuddin. Pemandangan tersebut sangat menawan dan dapat melupakan kesedihan atau kejenuhan yang sedang anda rasakan. Pemandangan menakjubkan yang masih dapat anda lihat pada bangunan Mesjid Omar Ali Saifuddin yaitu bahwa mesjid ini mempunyai bentuk dinding dengan tampilan yang sangat indah. Dinding Mesjid Omar Ali Saifuddin tersebut penuh dengan ornament yang sangat terlihat mewah dan terlihat sangat berkelas. Satu point penting bahwa mesjid ini sangat terlihat bersih karena memang masyrakat Brunei sangat terkenal akan kesadaran dalam menjaga kebersihan lingkungan yang tetap selalu dijunjung oleh mereka.