Makanan Khas Di Berbagai Daerah Di Indonesia

Jika kita mendengar kata kuliner, pasti yang terlintas di pikiran kita adalah sebuah makanan yang enak dan lezat. Apa yang dimaksud dengan wisata kuliner? Sebuah istilah yang sudah sering kita dengar dan pastinya sudah mengerti apa maksudnya. Pengertian wisata kuliner itu sendiri adalah sebuah perpaduan antara menikmati sebuah makanan sambil berekreasi atau jalan-jalan dan sebagainya.

Di setiap kota di Indonesia memiliki ragam kuliner yang tentunya mempunyai ciri khas nya masing-masing, bahkan sampai dijadikan julukan kota tersebut, seperti misalnya Sumedang kota Tahu, ini dikarenakan kota Sumedang memiliki makanan Khas yang sangat terkenal yaitu tahunya yang enak. Berikut ada beberapa kuliner khas di berbagai kota Di Indonesia yaitu:

  1. Tauco dari Cianjur

Tauco adalah sebuah bumbu yang terbuat dari kacang kedelai. Melalui berbagai proses panjang pengolahan yang membutuhkan kesabaran dan ketelatenan. Dimulai dari membersihkan kedelai, dihaluskan, direbus , lalu dibiarkan beberapa hari untuk dilakukan proses fermentasi hingga akhirnya menghasilkan bumbu yang terkenal kelezatannya. Dengan proses yang panjang tersebut, tauco dapat bertahan lama hingga bertahun-tahun tanpa bahan pengawet.

  1. Peuyeum dari Bandung

Makanan ini terbuat dari singkong yang melalui proses fermentasi sehingga menghasilkan rasa singkong yang khas. Sama seperti tauco, proses pembuatan peuyeum membutuhkan kesabaran dan ketelatenan. Peuyem enak untuk dimakan langsung maupun diolah menjadi berbagai makanan, seperti colenak, peuyem bakar, kue, da lain sebagainya.

  1. Mpek-mpek dari Palembang

Makanan yang satu ini memiliki rasa yang khas ketika disantap. Mpek-mpek terbuat dari ikan tenggiri yang dicampur sagu dan bahan-bahan lainnya. Biasanya mpek-mpek disajikan dengan bumbu khusus sehingga mpek-mpek mempunyai rasa yang khas yaitu campuran asam,manis, pedas dan gurih.

  1. Gudeg dari jogjakarta

Gudeg terbuat dari nangka muda yang diolah dengan santan dan bumbu lainnya. Makanan ini berwarna coklat yang diakibatkan oleh daun jati yang dimasak bersamaan. Gudeg biasanya dimakan dengan nasi hangat lalu ditambah dengan lauk yang lainnya seperti telor asin, ayam goreng, tahu, tempe dan sambal goreng krecek.

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Memberikan informasi seputar wisata dalam negeri maupun luar negeri. dengan dukungan gambar, sehingga jelas dan bermanfaat bagi anda yang ingin mengunjungi tempat tertentu., semoga liburan dan wisata anda menyenangkan