Lembaga Peminjaman Uang Untuk Modal Usaha

0
348

Modal memang kerap jadi kendala bagi siapapun yang hendak memulai usaha. Apalagi jika modal yang kita miliki terbilang tidak cukup ataupun kurang cukup untuk menjalankan suatu usaha. Bisa jadi usaha yang direncanakan tidak akan jadi dibangun. Salah satu jalan agar kita bisa mendapat modal ialah dengan mengajukan pinjaman secara langsung dari lembaga peminjaman uang. Hanya saja, sebagian besar layanan pinjaman uang yang ada di Indonesia mengharuskan kita sebagai peminjam untuk memberi agunan atau jaminan. Usaha yang terbilang masih baru serta kecil tentu akan kesulitan karena jaminan ini biasanya berupa surat-surat ataupun barang-barang berharga.

Agunan ini terutama akan diperlukan agar pemberi pinjaman merasa aman apabila peminjam tidak dapat melunasi pinjamannya. Mereka tidak akan merugi karena saat peminjam tidak membayar dana pinjaman, maka barang jaminan tersebut akan disita oleh pemberi pinjaman. Besarnya pinjaman juga biasanya akan ditentukan berdasarkan nilai dari barang yang dijadikan jaminan. Pengusaha kecil umumnya akan lebih memilih untuk meminjam uang di tempat yang tidak membutuhkan jaminan atau agunan. Apalagi mengingat kondisi ekonomi Indonesia yang masih kurang stabil, maka pinjaman yang tidak memerlukan agunan akan lebih banyak dipilih. Terdapat beberapa lembaga pemberi pinjaman yang menyediakan pinjaman tanpa agunan.

Berikut adalah beberapa lembaga yang bisa kita manfaatkan saat tengah cari pinjaman uang. Prosesnya cepat, mudah dan yang terpenting tidak membutuhkan jaminan sama sekali.

  1. Pertama ada koperasi. Meminjam uang di koperasi terutama lebih aman dan syarat-syaratnya mudah. Prosesnya juga terbilang cepat. Untuk bisa meminjam dana di koperasi, pertama-tama kita harus terdaftar sebagai anggota dari koperasi tersebut. Koperasi juga akan memberi keuntungan kepada kita dalam bentuk SHU atau Sisa Hasil Usaha tiap akhir tahunnya. Umumnya, makin besar jumlah pinjaman maka akan semakin banyak juga SHU yang didapatkan.
  2. Kedua adalah bank. Lembaga satu ini juga kerap dijadikan pilihan pertama oleh mereka yang hendak meminjam sejumlah dana. Salah satu produk bank yang dapat dimanfaatkan ialah Kredit Tanpa Agunan atau KTA. Kita tidak memerlukan agunan atau jaminan apapun untuk mengajukan pinjaman ini. Prosesnya cepat serta syarat-syarat yang diperlukan terbilang mudah. Dokumen yang diperlukan umumnya hanya KTP serta kartu kredit. Pencairan dana membutuhkan waktu kira-kira satu hingga 14 hari tergantung di bank mana kita mengajukan pinjaman. Lunasi pinjaman tepat waktu agar kita tidak dibebani biaya tambahan.
  3. Produk bank lainnya yang menawarkan pinjaman tanpa agunan ialah KUR atau Kredit Usaha Rakyat. Produk pinjaman satu ini terutama menawarkan kemudahan bagi mereka yang hendak memulai usaha kecil menengah. Syaratnya mudah dan bisa diajukan melalui beberapa bank lokal yang ditunjuk pemerintah. Program ini juga makin digalakkan oleh pemerintah guna memacu pertumbuhan lapangan kerja di daerah.

Program pinjaman tanpa agunan ini memang tampaknya nyaris tanpa resiko. Namun, bukan berarti program ini tidak memiliki kelemahan sama sekali. Ada beberapa sisi negatif dari pinjaman tanpa jaminan yang harus kita perhatikan sebelum kita mengajukan pinjaman.

  1. Pertama adalah bunga yang tinggi. Karena tidak ada barang yang dijadikan jaminan, maka pihak lembaga peminjaman uang umumnya akan menerapkan suku bunga yang lebih tinggi pada KTA dibanding pinjaman konvensional. Besaran bunga ini bisa di atas 1 persen. Tingginya bunga tentu akan membuat dana yang harus kita kembalikan lebih besar dibanding jumlah dana yang kita pinjam.
  2. Selain bunga yang tinggi, jumlah dana yang bisa dipinjam dalam KTA juga terbatas. Jika pada peminjaman konvensional, kita dapat meminjam dana hingga ratusan juta rupiah, maka tidak demikian dengan KTA. Maksimal jumlah uang yang dipinjam biasanya hanya berkisar di angka puluhan juta rupiah saja.
  3. Kelemahan selanjutnya dari pinjaman tanpa jaminan ini adalah jangka waktu pengembalian yang relatif singkat. Tenornya pendek dan tidak seperti pinjaman konvensional yang bisa mencapai beberapa tahun lamanya. Hal ini kembali dikarenakan dari tidak adanya jaminan, sehingga pihak pemberi pinjaman harus menghindari kerugian dengan memendekkan jangka waktu pembayaran.

Dari berbagai kelebihan serta kelemahan pinjaman tanpa agunan di atas, dapat disimpulkan bahwa pinjaman ini lebih ditujukan untuk mereka yang butuh dana secara cepat dalam kondisi terdesak. Jika kita membutuhkan dana segera dalam waktu cepat dan sanggup membayarnya dalam jangka waktu yang ditentukan, maka KTA adalah produk yang tepat untuk kita manfaatkan. Banyak bank lokal yang sudah menyediakan KTA ini. Masing-masing memiliki syarat dan ketentuan yang berbeda-beda satu sama lain, terutama dari segi persyaratan, jumlah maksimal dana yang dapat dipinjamkan, waktu yang dibutuhkan untuk pencairan dana hingga jangka waktu pembayaran.

Seiring makin canggihnya teknologi, kini peminjaman uang juga bisa dilakukan secara online. Banyak website yang dapat diandalkan sebagai tempat pinjam uang online langsung cair. Pengajuan dana juga terbilang sangat mudah. Kita hanya perlu mengisi form secara lengkap serta valid. Tunggu beberapa saat hinga pengajuan pinjaman disetujui. Dana akan segera ditransfer ke rekening bank kita. Pinjaman online langsung cair serta tanpa jaminan ini terbilang cocok untuk kita yang tengah mengembangkan usaha kecil. Kita bebas menentukan jumlah pinjaman yang diinginkan serta waktu jatuh temponya. Kemudahan lain adalah dari segi pengembalian dana. Kita bisa mengangsur pengembalian lewat ATM, internet banking ataupun mobile banking.

Pengajuan pinjaman tanpa agunan ini juga harus tetap memperhatikan aneka hal di bawah ini. Tips dalam pengajuan pinjaman sangat penting diperhatikan agar kita dapat lebih merasa tenang dan aman saat meminjam dana.

  1. Hitung secara cermat berapa besarnya dana yang dibutuhkan untuk dipinjam. Hindari meminjam uang yang nominalnya lebih tinggi atau lebih rendah dari jumlah yang sebenarnya dibutuhkan.
  2. Pilih jasa pinjaman yang paling terasa nyaman bagi kita. Contohnya apabila kita membutuhkan dana yang sifatnya mendesak, maka sebaiknya kita pilih jasa pinjaman tanpa agunan instan dengan proses yang cepat serta syarat mudah.
  3. Bandingkan beberapa layanan peminjaman dana yang ada sebelum memutuskan untuk mengajukan pinjaman di salah satu lembaga tersebut. Ketahui informasi serta latar belakang lembaga peminjaman tersebut. Tujuannya adalah agar kita bisa memilih jasa peminjaman dana yang terbaik.
  4. Ketahui baik-baik apa saja syarat dan ketentuan dalam pengajuan pinjaman tanpa agunan ini. Beberapa penyedia pinjaman biasanya akan menerapkan syarat yang berbeda satu sama lain. Pahami tiap syarat dan ketentuan yang berlaku supaya kita bisa mendapat pinjaman secara mudah. Terutama adalah nominal dana yang bisa dipinjam, jatuh tempo waktu pembayaran, besaran bunga, biaya yang dibebankan apabila kita terlambat membayar dan lain-lain.

Apabila pengajuan pinjaman dana kita ditolak, jangan langsung merasa putus asa. Cobalah lagi di tempat atau lembaga lain.