Kunjungan Menarik dan Mengesankan ke Rumah Puisi Taufik Ismail

0
848

Taufiq Ismail merupakan salah satu sastrawan terkenal dan begitu berpengaruh di Negara Indonesia. Karya-karya Taufiq Ismail memang sudah tidak diragukan lagi kualitasnya dan sangat mempengaruhi perkembangan seni sastra di Indonesia. Karya-karya Taufiq Ismail terasa begitu menyentuh kalbu dan mempunyai makna yang begitu dalam. Buah karyanya terkadang menjadi dan memberikan inspirasi hidup bagi para pembacanya untuk menuju perubahan yang lebih baik dan maju lagi. Karya-karya besar Taufiq Ismail tersebut ternyata dapat di jumpai di sebuah tempat yang bernama Rumah Puisi Taufik Ismail.

Rumah Puisi Taufik Ismail terletak di jalan raya Padang – Bukittinggi dan terletak di daerah dataran tinggi. Dataran tinggi tersebut berada di salah satu kawasan yang bernama Kanagarian Aie Angek yang untuk mencapai kawasan ini memang dirasa cukup sulit dan sedikit membutuhkan perjuangan. Jalur menuju Rumah Puisi Taufiq Ismail tersebut harus dilewati dengan menempuh jalan yang menanjak dan trek yang curam. Jalur yang terasa menantang tersebut membuat petualangan menuju Rumah Puisi Taufik Ismail semakin bertambah menarik.

Bertambah menarik karena sepanjang jalan yang dilalui menuju Rumah Puisi Taufik Ismail tersebut tersaji keindahan alam yang sungguh luar biasa mempesona. Rumah Puisi Taufik Ismail ini memang terletak diantara dua gunung sehingga keindahan tempat dan alamnya tampak tergores begitu indah. Hamparan sawah yang menghijau bak permadani akan memanjakan pandangan setiap orang akan mengunjungi tempat yang menyimpan karya sastra yang fenomenal tersebut. Kegagahan Gunung Singgalang dan Gunung Marapi pun dapat menjadi objek yang sangat menarik dan tampak menyentuh kalbu.

Rumah Puisi Taufik Ismail memuat ribuan buku dan goresan Karya Taufik Ismail. Buku-buku yang terpajang tersebut tampak sangat begitu rapi dan tertata dengan sangat baik. Buku-buku yang tersimpan di Rumah Puisi Taufik Ismail turut serta mewarnai dan menjadi saksi perjalanan maupun perkembangan sastra Indonesia. Buku-buku yang tersusun rapi tersebut terdiri dari berbagai kategori yang berbeda yang disimpan dalam lemari kayu. Bangunan yang berbentuk segi empat tersebut dihiasi dengan kaca tembus pandang yang terpasang di sekeliling bangunan rumah. Sangat terasa begitu nyaman berada di area ini karena tempatnya sangat terjaga sekali kebersihannya.

Disekitar area Rumah Puisi Taufik Ismail, juga terdapat dua rumah lainnya yang menempati lahan seluas 2 hektare tersebut. Kedua rumah tersebut disebut sebagai Rumah Pantun dan juga Rumah Gurindam. Dua rumah tersebut ada yang memiliki dua kamar dan ada pula yang empat kamar. Dua rumah tersebut dapat di sewa oleh pengunjung yang datang ke tempat wisata tersebut yang digunakan sebagai tempat peristirahatan. Uang hasil sewa kedua rumah tersebut dipergunakan untuk biaya operasional Rumah Puisi Taufik Ismail. Mengunjungi tempat satu ini akan menjadi pengalaman unik dan menarik yang akan selalu terkenang abadi.