Kota Tapaktuan, Kawasan Destinasi di Aceh yang Tersembunyi

0
1014

Propinsi Aceh memang pernah dilanda suatu musibah yang sangat dahsyat pada taun 2004 yaitu bencana Tsunami. Namun di balik itu semua, ternyata di Propinsi ini terdapat banyak tempat wisata yang bisa didatangi. Seperti di Kota Tapaktuan yang berada di Kab. Acek Selatan, Prop. Nangro Aceh Darusallam. Tempat ini merupakan destinasi wisata di Aceh yang kental akan cerita rakyatnya bahkan sampai dibuat sebuah buku. Tempat ini jga masih menyimpan peninggalan-peninggalan zaman dulu yang masih menjadi legenda sampai sekarang.

Luas dari Kota Tapaktuan ini sekitar 92,68 Kilmeter persegi yang memiliki jumlah penduduk sekitar 22,343 jiwa. Berbeda dari daerah aceh lainnya yang terkena tsunami, berbeda dengan kota ini ketika tsunami datang pada tahun 2004, ombak yang datang terhalang oleh Pulau Simalune sehingga intensitas ombak hanya sampai ke pesisir pantai saja. Mengesampingkan dari musibah tersebut, ternyta di kota ini terdapat sebuah legenda yang menceritakan tentang legenda naga.

Kota ini berada di ketinggian 500 mdpl, sehinggame memiliki iklim tropis basah. Berbagai macam keindahan alam, teluk yang indah dan berbagai pantai yang memiliki gugusan karang yang indah. Destinasi tersebut seperti yang berada Pantai Teluk Tapaktuan dan Pantai Labuhan Haji. Selain pantai terdapat juga berbagaia wisata yang lainnya seperti Panorama Hatta, Wisata Air Dingin, Genting Buaya, Air Terjun Twi Lhok, Gua Kalam dan masih banyak yang lainnya.

Kota Tapaktuan ini juga lebih dikenal dengan kota naga, itu karena legenda yang beredar di kota ini yaitu legenda putri naga yang secara lisana terus diceritakan secara turun temurun sampai saat ini. suasana tersebut akan terasa sesaat kita akana memasuki kawasan ini, sebuah lukisan naga dengan ukuran yang cukup besar terpampang di tembok pinggir jalan.

Fasilitas yang terdapat di tempat ini cukup lengkap, berbagai tempat penginapan seperti hotel, losmen terdapat di tempat ini. tidak hanya itu, berbagai wisata kuliner pun akan kita jumpai di tempat ini. meski tsunami pernah meluluh lantahkan Propinsi Aceh, namun keindahan alam yang tersaji di tempa ini akan menghilangkan semua suasana mencekam tersebut.