Kota Bangkok, Kota yang Sekilas Sama Namun Tak Serupa dengan Jakarta

0
332

Bangkok merupakan ibukota dari Negara Thailand sekaligus juga sebagai kota terbesar Negeri Gajah Putih tersebut. Bangkok merupakan salah satu kota di dunia yang mengalami perkembangan yang sangat pesat dengan perkembangan sektor ekonominya yang terus tumbuh secara dinamis. Perkembangannya yang cukup pesat seolah ingin bersaing dengan Negara Hong Kong dan Negara Singapore yang telah menjadi pusat regional di kawasan Asia. Kota yang terletak di tepi Sungai Chao Praya ini dibalik perkembangannya yang cukup pesat namun masih menyisakan permasalahan di sektor infrastruktur dan social.

Kota Bangkok rasanya tidak jauh berbeda dengan Kota Jakarta yang mempunyai permasalahan rumit yaitu tingkat kemacetannya yang parah. Penggunaan kendaraan pribadi di Kota Bangkok pun terus bertumbuh dari waktu ke waktu sama persis seperti Jakarta yang pertumbuhan penggunaan kendaraan pribadinya melampaui pembangunan infrastruktur yang sedang berjalan. Pemandangan Kota Bangkok pun tak jauh beda dengan Jakarta seperti adanya jalan layang, pembuatan jalan baru yang masih rampung sebagian, ataupun proyek-proyek pembuatan jalan kereta api yang membuat kota tersebut tampak selalu sibuk. Hal lainnya yang membuat Kota Bangkok ini persis seperti Jakarta adalah dengan terdapatnya angkutan umum tradisional yang bernama tuk tuk yang sekilas mirip dengan bajaj di Kota Jakarta. Kendaraan umum tradisional ini banyak digunakan warga masyarakat Kota Bangkok sebagai alternatif untuk menghindari kemacetan kota.

Kemacetan dan sudut kota yang kumuh memang menjadi santapan sehari-hari penduduk Kota Bangkok. Setiap pagi pusat transportasi di Kota Bangkok telah dipenuhi oleh para pegawai, anak-anak sekolah, para buruh dan juga pedagang asongan yang kembali siap untuk memulai aktifitasnya masing-masing. Mereka banyak berkerumun seperti di terminal ataupun stasiun kereta api. Kepadatan dan kemacetan di jalan raya Kota Bangkok sudah pasti tidak dapat dihindari dan menjadi pemandangan rutin warga kota. Apalagi seperti di persimpangan atau pusat keramaian banyak sekali kendaraan umum maupun pribadi yang padat merayap seperti ular.

Di Kota Bangkok saat sedang terjadi kemacetan, pengemudinya terlihat selalu sabar dan tidak pernah membunyikan bunyi klakson sembarangan. Tinggkat kepatuhan para pengguna jalan di Kota Bangkok terhadap aturan lalu lintas pun dibilang cukup tinggi kesadarannya. Seperti dalam keadaan macet jarang sekali terlihat pengendara yang berani menerobos lampu merah ataupun para pengendara sepeda motor yang mengambil jalan pintas dengan mengambil jalur trotoar untuk kelancaran perjalanannya. Mereka terlihat sangat sadar walaupun saat itu misalnya tidak ada petugas yang sedang berjaga. Para pedagang kaki lima pun di Kota Bangkok tampak terlihat lebih teratur dan rapi. Hal itulah yang mungkin menjadi pembeda antara Kota Bangkok dengan Kota Jakarta di balik persamaan suasana kotanya yang tampak dari luar.