Keunikan Taman Raya Bung Hatta di Provinsi Sumatera Barat

0
305

Provinsi Sumatera Barat rasanya tak akan pernah kehabisan tempat menarik yang dapat menjadi potensi wisata bagi daerah tersebut dan dapat mengundang banyak jumlah wisatawan yang datang berkunjung untuk sekedar mengisi waktu luang yang tersedia. Beragam tempat wisata memang dimiliki oleh salah satu provinsi yang terletak di Pulau Sumatera tersebut. Mulai dari wisata berbasiskan alam, wisata budaya, wisata kuliner, wisata sejarah dan berbagai jenis wisata lainnya yang tentu dapat menghibur dan menjadi sajian menarik bagi para pengunjung yang mengunjunginya.

Sumatera Barat dapat dikatatakan sebaagai salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki keunggulan yang menonjol dari segi pariwisata. Tempat-tempat wisata yang ada di provinsi tersebut sungguh sangat begitu unik dan menarik sehingga perjalanan atau kunjungan wisata yang dilakukan ke provinsi tersebut akan menjadi salah satu perjalanan wisata spesial yang akan selalu tersimpan baik dalam ingatan. Salah satu tempat dari sekian banyak tempat wisata yang ada di Provinsi Sumatera Barat yang dapat dikunjungi tersebut ialah Taman Raya Bung Hatta.

Taman Raya Bung Hatta adalah salah satu tempat wisata yang memiliki tanaman langka dan bunga-bunga eksotis yang terlihat sangat begitu indah dan menawan mata. Tempat wisata tersebut mungkin akan menjadi tempat wisata yang begitu spesial terutama bagi mereka pecinta tumbuh-tumbuhan. Taman Raya Bung Hatta yang menjadi kekayaan tersendiri bagi Provinsi Sumatera Barat dahulu dikenal dengan sebutan Setya Mulya Botanic Garden. Taman yang menjadi aset tersendiri bagi salah satu provinsi di Pulau Sumatera tersebut merupakan rumah yang nyaman bagi berbagai jenis tanaman tropis yang begitu unik dan beberapa diantaranya merupakan spesies endemik daerah Sumatera.

Mengunjungi taman yang terasa unik tersebut, para pengunjung akan melihat beberapa jenis tanaman yang tidak dapat dijumpai di tempat atau daerah lain di planet bumi ini. Satu jenis tanaman yang unik tersebut yang dapat ditemui saat berkunjung ke Taman Raya Bung Hatta, yakni bunga Raflesia Arnoldi atau biasa disebut juga sebagai bunga raksasa. Pantas saja jika bunga Raflesia Arnoldi mendapat gelar sebagai bunga raksasa karena memang bunga tersebut merupakan bunga yang terbesar di dunia.Pemberian nama bunga raksasa tersebut sehingga bernama Raflesia Arnoldi didasarkan atas penemu bunga langka tersebut yang bernama Thomas Stamford Raffles yang merupakan seorang Letnan Gubernur Pemerintahan Inggris pada waktu itu dan Joseph Arnold seorang ahli botani dan keduanya merupakan orang pertama yang menemukan bunga endemik tersebut di lereng pegunungan Bukit Barisan.

Bunga Raflesia memang merupakan salah satu jenis bunga langka yang memerlukan waktu selama 10 bulan untuk dapat berkembang secara sempurna. Bunga yang unik tersebut mekar selama 15 hari saja dan memiliki diameter 1 meter pada waktu mekar penuh. Bunga Raflesia Arnoldi yang biasa mekar pada bulan Juli dan September tersebut merupakan salah satu jenis tanaman yang tidak memiliki akar dan batang. Bunga yang memiliki aroma bau busuk tersebut terdiri dari benang seperti yang biasa ditemukan pada jenis tanaman merambat. Namun memang bunga tersebut sangat begitu unik sehingga walaupun baunya busuk banyak orang yang merasa penasaran untuk bisa melihatnya. Taman Raya Bung Hatta yang memiliki tanaman bunga yang unik tersebut hanya berjarak 15 kilometer saja dari pusat Kota Padang.